Senin, 04 Maret 2013

Daftar Juara Dunia Pembalap Formula Satu

Langsung ke: navigasi, cari

Juara dunia Formula Satu yang pertama adalah Nino Farina. Kejuaraan dunia pembalap F1 diadakan pertama kali pada 1950. Pembalap pertama yang menjadi juara dunia secara berturut-turut adalah Alberto Ascari, yang menjadi juara dunia pada musim 1952 dan 1953.
FIA secara resmi tidak menyatakan juara kepada seorang pembalap sampai pada akhir musim, tetapi seorang pembalap dinyatakan secara "de facto" juara dunia ketika tidak ada seorang pembalappun yang mampu menyaingi nilainya, walaupun jika mereka mendapatkan nilai penuh selama sisa kompetisi. Kejuaraan dunia pembalap telah mengalami hal ini sebanyak 23 kali dari total 56 musim yang telah diadakan. Musim kompetisi yang memiliki juara dunia terawal terjadi di musim 2002, ketika Michael Schumacher mengamankan gelar juara dunia walaupun masih tersisa enam seri balapan.
28 pembalap berbeda telah menjadi juara dunia, dengan pembalap Jerman, Michael Schumacher memegang rekor untuk gelar juara dunia terbanyak yaitu tujuh kali. Schumacher juga memegang rekor untuk gelar juara dunia berturut-turut terbanyak yaitu lima kali dari musim 2000 sampai 2004. Juara dunia saat ini adalah Sebastian Vettel yang menjadi juara dunia dua kali, yaitu musim 2010 di GP Abu Dhabi 2010 dan musim 2011 di GP Jepang 2011.

Berdasarkan musim

Musim Pembalap Tim Pole Menang Podium Tercepat Nilai Juara dunia Selisih nilai
1950 Bendera Italia Nino Farina Alfa Romeo 2 3 3 3 30 Seri ke 7 dari 7 3
1951 Bendera Argentina Juan Manuel Fangio Alfa Romeo 4 31 5 5 31 Seri ke 8 dari 8 6
1952 Bendera Italia Alberto Ascari Ferrari 5 6 6 6 36 Seri ke 6 dari 8 12
1953 Bendera Italia Alberto Ascari Ferrari 6 5 5 4 34.5 Seri ke 8 dari 9 6.5
1954 Bendera Argentina Juan Manuel Fangio Maserati, Mercedes2 5 6 7 3 42 Seri ke 7 dari 9 16.9
1955 Bendera Argentina Juan Manuel Fangio Mercedes-Benz 3 4 5 3 40 Seri ke 6 dari 7 16.5
1956 Bendera Argentina Juan Manuel Fangio Ferrari 6 33 54 4 30 Seri ke 8 dari 8 3
1957 Bendera Argentina Juan Manuel Fangio Maserati 4 4 6 2 40 Seri ke 6 dari 8 15
1958 Bendera Britania Raya Mike Hawthorn Ferrari 4 1 7 5 42 Seri ke 11 dari 11 1
1959 Bendera Australia Jack Brabham Cooper* 1 2 5 1 31 Seri ke 9 dari 9 4
1960 Bendera Australia Jack Brabham Cooper* 3 5 5 3 43 Seri ke 8 dari 10 9
1961 Bendera Amerika Serikat Phil Hill Ferrari* 5 2 6 2 34 Seri ke 75 dari 8 1
1962 Bendera Britania Raya Graham Hill BRM* 1 4 6 3 42 Seri ke 9 dari 9 12
1963 Bendera Britania Raya Jim Clark Lotus* 7 7 9 6 54 Seri ke 7 dari 10 21
1964 Bendera Britania Raya John Surtees6 Ferrari* 2 2 6 2 40 Seri ke 10 dari 10 1
1965 Bendera Britania Raya Jim Clark Lotus* 6 6 6 6 54 Seri ke 7 dari 10 14
1966 Bendera Australia Jack Brabham Brabham* 3 4 5 1 42 Seri ke 7 dari 9 14
1967 Bendera Selandia Baru Denny Hulme Brabham* 0 2 8 2 51 Seri ke 11 dari 11 5
1968 Bendera Britania Raya Graham Hill Lotus* 2 3 6 0 48 Seri ke 12 dari 12 12
1969 Bendera Britania Raya Jackie Stewart Matra* 2 6 7 5 63 Seri ke 8 dari 11 26
1970 Bendera Austria Jochen Rindt Lotus* 3 5 5 1 45 Seri ke 127 dari 13 5
1971 Bendera Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell* 6 6 7 3 62 Seri ke 8 dari 11 29
1972 Bendera Brasil Emerson Fittipaldi Lotus* 3 5 8 0 61 Seri ke 10 dari 12 16
1973 Bendera Britania Raya Jackie Stewart Tyrell 3 5 8 1 71 Seri ke 13 dari 15 16
1974 Bendera Brasil Emerson Fittipaldi McLaren* 2 3 7 0 55 Seri ke 15 dari 15 3
1975 Bendera Austria Niki Lauda Ferrari* 9 5 8 2 64.5 Seri ke 13 dari 14 19.5
1976 Bendera Britania Raya James Hunt McLaren 8 6 8 2 69 Seri ke 16 dari 16 1
1977 Bendera Austria Niki Lauda Ferrari* 2 3 10 3 72 Seri ke 14 dari 16 17
1978 Bendera Amerika Serikat Mario Andretti Lotus* 8 6 7 3 64 Seri ke 148 dari 16 13
1979 Bendera Afrika Selatan Jody Scheckter Ferrari* 1 3 6 0 51 Seri ke 13 dari 15 4
1980 Bendera Australia Alan Jones Williams* 3 5 10 5 67 Seri ke 13 dari 14 13
1981 Bendera Brasil Nelson Piquet Brabham 4 3 7 1 50 Seri ke 15 dari 15 1
1982 Bendera Finlandia Keke Rosberg Williams 1 1 6 0 44 Seri ke 16 dari 16 5
1983 Bendera Brasil Nelson Piquet Brabham 1 3 8 4 59 Seri ke 15 dari 15 2
1984 Bendera Austria Niki Lauda McLaren* 0 5 9 5 72 Seri ke 16 dari 16 0.5
1985 Bendera Perancis Alain Prost McLaren* 2 5 11 5 73 Seri ke 14 dari 15 20
1986 Bendera Perancis Alain Prost McLaren 1 4 11 2 72 Seri ke 16 dari 16 2
1987 Bendera Brasil Nelson Piquet Williams* 4 3 11 4 73 Seri ke 15 dari 16 12
1988 Bendera Brasil Ayrton Senna McLaren* 13 8 11 3 90 Seri ke 15 dari 16 3
1989 Bendera Perancis Alain Prost McLaren* 2 4 11 5 76 Seri ke 159 dari 16 16
1990 Bendera Brasil Ayrton Senna McLaren* 10 6 11 2 78 Seri ke 15 dari 16 7
1991 Bendera Brasil Ayrton Senna McLaren* 8 7 12 2 96 Seri ke 15 dari 16 24
1992 Bendera Britania Raya Nigel Mansell Williams* 14 9 12 8 108 Seri ke 11 dari 16 52
1993 Bendera Perancis Alain Prost Williams* 13 7 12 6 99 Seri ke 14 dari 16 26
1994 Bendera Jerman Michael Schumacher Benetton 6 8 10 8 92 Seri ke 16 dari 16 1
1995 Bendera Jerman Michael Schumacher Benetton* 4 9 11 8 102 Seri ke 15 dari 17 33
1996 Bendera Britania Raya Damon Hill10 Williams* 9 8 10 5 97 Seri ke 16 dari 16 19
1997 Bendera Kanada Jacques Villeneuve Williams* 10 7 8 3 81 Seri ke 17 dari 17 3911
1998 Bendera Finlandia Mika Häkkinen McLaren* 9 8 11 6 100 Seri ke 16 dari 16 14
1999 Bendera Finlandia Mika Häkkinen McLaren 11 5 10 6 76 Seri ke 16 dari 16 2
2000 Bendera Jerman Michael Schumacher Ferrari* 9 9 12 2 108 Seri ke 16 dari 17 19
2001 Bendera Jerman Michael Schumacher Ferrari* 11 9 14 3 123 Seri ke 13 dari 17 58
2002 Bendera Jerman Michael Schumacher Ferrari* 7 11 17 7 144 Seri ke 11 dari 17 67
2003 Bendera Jerman Michael Schumacher Ferrari* 5 6 8 5 93 Seri ke 16 dari 16 2
2004 Bendera Jerman Michael Schumacher Ferrari* 8 13 15 10 148 Seri ke 14 dari 18 34
2005 Bendera Spanyol Fernando Alonso Renault* 6 7 15 2 133 Seri ke 17 dari 19 21
2006 Bendera Spanyol Fernando Alonso Renault* 6 7 14 5 134 Seri ke 18 dari 18 13
2007 Bendera Finlandia Kimi Räikkönen Ferrari* 3 6 12 6 110 Seri ke 18 dari 18 1
2008 Bendera Britania Raya Lewis Hamilton McLaren 7 5 10 1 98 Seri ke 18 dari 18 1
2009 Bendera Britania Raya Jenson Button Brawn* 4 6 9 2 95 Seri ke 16 dari 17 11
2010 Bendera Jerman Sebastian Vettel Red Bull* 10 5 10 3 256 Seri ke 19 dari 19 11
2011 Bendera Jerman Sebastian Vettel Red Bull* 12• 19• 4• 1• 324• Seri ke 15 dari 19 114•
Read More ->>

Marc Márquez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Marc Márquez Alenta
Marc Marquez 2011 Brno 1.jpg
Márquez di Brno 2011
Kebangsaan  Spanyol
Lahir 17 Februari 1993 (umur 20)
Cervera (Spain)
Tim saat ini Team Catalunya Caixa Repsol
No. motor 93
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas Moto2
Tahun aktif 20112012
Pabrikan Suter-Honda
Juara dunia 0
Klasemen 2012 1 (324 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
32 16 25 14 7 575
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 20082010
Pabrikan KTM, Derbi
Juara dunia 1 (2010)
Klasemen 2010 1st (310 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
46 10 14 14 9 467
Marc Márquez Alenta (lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida , Spanyol adalah pembalap MotoGP dan adalah pembalap juara dunia kelas 125cc di tahun 2010.

Karier

Kejuaraan dunia 125cc

Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.
Márquez di GP Belanda 2010 .
Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut.[1] Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.[2]
Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin diatas Nicolas Terol dengan hanya satu seri yang tersisa. Di GP Portugal 2010 , bendera merah berkibar di balapan karena hujan,sebelum bendera berkibar Márquez berada diposisi kedua dibawah Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez terjatuh pada lap pemanasan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai start di belakang setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum lima menit menjelang start. Meskipun demikian, Márquez berusaha bangkit sejak start dan berhasil memenangkan perlombaan. Dengan demikian márquez memperpanjang keunggulannya sebelum seri terakhir di Valencia. Kemenangan kesepuluhnya pada musim 2010 membuatnya menyamai rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi pada tahun 1997.[3] Marquez berada pada posisi keempat di balapan terakhir GP Valencia 2010 dan menjadikannya juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi.[4][5]

Kejuaraan dunia kelas Moto2

Márquez di GP Ceko 2011.
Márquez pindah ke kelas Moto2 pada tahun 2011[6] sebagai pembalap tunggal dari tim baru Monlau Competición, yang dikelola oleh manager pribadinya sendiri Emilio Alzamora.Márquez memulai musim 2011 dengan sepasang kecelakaan GP Qatar 2011 dan GP Spanyol 2011, setelah berbenturan dengan Jules Cluzel.Dia finis di posisi 21 di GP Portugal 2011, sebelum meraih kemenangan perdana kela Moto2 di GP Perancis 2011. Di seri kandangnya ,GP Catalunya 2011, Márquez finis kedua dibelakang Stefan Bradl, sebelum terjatuh di GP Inggris 2011, start dari Pole Position pertamanya di Moto2. dengan Bradl meraih kemenangan keempatnya, Márquez mengutitnya dengan poin 82.Di GP Jepang 2011, Márquez meraih pole position ketujuhnya di musim itu tetapi berhasil dikalahkan oleh Andrea Iannone pada lomba.Di GP Australia 2011 Marquez mengalami insiden dengan menabrak Ratthapark Wilairot sehingga ia kena pinalti tambahan 1 menit dari catatan waktu tercepatnya pada sesi kualifikasi.Akan tetapi, ia berhasil meraih podium ketiga walaupun harus kehilangan posisi pimpinan klasemen oleh Bradl.Marquez harus merelakan gelar juara dunia jatuh ketangan Bradl setelah tidak mengikuti dua seri terakhir karena mengalami masalah penglihatan.Pada musim 2012,Marquez dipastikan bertahan di kelas Moto2. Marquez berhasil meraih gelar juara dunianya pada musim 2012 setelah berhasil mendominasi dimusim itu.Ia dipastikan akan membela Repsol Honda untuk tahun 2013 dan 2014 menggantikan Casey Stoner yang akan pensiun di akhir musim 2012 dan akan berpasangan dengan Dani Pedrosa.

Statistik

Musim ke musim

Musim Kelas Motor Tim Balapan Menang Podium Pole FLap Poin Posisi
2008 125cc KTM Repsol KTM 125cc 13 0 1 0 0 63 ke-13
2009 125cc KTM Red Bull KTM Motosport 16 0 1 2 1 94 ke-8
2010 125cc Derbi Red Bull Ajo Motorsport 17 10 12 12 8 310 ke-1
2011 Moto2 Suter Team CatalunyaCaixa Repsol 15 7 11 7 2 251 ke-2
2012 Moto2 Suter Team CatalunyaCaixa Repsol 17 9 14 7 5 324 ke-1
  • * Musim berlansung.

Kelas ke kelas

Kelas Musim Balapan ke-1 Podium ke-1 Menang ke-1 Balapan Menang Podium Pole FLap Poin Juara
125 cc 2008–2010 2008 Portugal 2008 Inggris 2010 Italia 46 10 14 14 9 467 1
Moto2 2011–2012 2011 Qatar 2011 Perancis 2011 Perancis 32 16 25 14 7 575 1
Read More ->>

Minggu, 03 Maret 2013

naskar


National Association for Stock Car Auto Racing, Inc.
NASCAR
NASCAR.svg
Lomba Seri Piala Sprint di Indianapolis Motor Speedway pada 2009
Lomba Seri Piala Sprint di Indianapolis Motor Speedway pada 2009
Olahraga Balap mobil stok
Kategori Balap mobil
Area kerja Bendera Eropa Eropa
Bendera Kanada Kanada
Bendera Meksiko Meksiko
Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Berdiri 1948 (1948)
Kantor pusat Charlotte, North Carolina
Daytona Beach, Florida
New York City
Houston, Texas
Presiden Mike Helton
Kepala Brian France
Petinggi Brian France
Staf lain Robin Pemberton
John Darby
Jim France
Situs resmi
nascar.com
National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) merupakan perusahaan yang dimiliki oleh keluarga dan menyelenggarakan berbagai macam even balapan. Didirikan oleh Bill France Sr. pada 1947-48. Kini, yang memegang jabatan CEO di perusahaan ini adalah cucunya, Brian France.[1] NASCAR merupakan penyelenggara balap mobil terbesar di Amerika Serikat.[2] Tiga seri balapan terbesar NASCAR ialah Seri Piala, Seri Nationwide, dan Seri Truk. NASCAR menyetujui lebih dari 1.500 balapan di 100 trek di 38 negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu NASCAR juga menggelar balapan di Kanada, Meksiko dan Eropa. NASCAR juga mengadakan beberapa balapan eksibisi di Suzuka, Jepang. Motegi, Jepang, dan Calder Park Raceway, Australia.[3]
Kantor pusat NASCAR berada di Pantai Daytona, Florida termasuk juga kantor-kantor cabang lainnya di empat kota di negara bagian North Carolina: Charlotte, Mooresville, Concord, dan Conover[4] Kantor regionalnya berada di New York City, Los Angeles, Bentonville. Untuk kantor di luar Amerika terletak di Mexico City dan Toronto.
NASCAR merupakan salah satu dari olahraga yang paling banyak dilihat berdasarkan rating televisi di Amerika Serikat. Faktanya, hanya National Football League-lah yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR. Di luar Amerika, NASCAR disiarkan di lebih dari 150 negara.[5] Pada tahun 2004, direktur keamanan NASCAR menyatakan NASCAR berada di urutan ke-17 dari 20 acara olahraga rutin mingguan yang dihadiri penonton setiap musimnya.[6] Majalah Fortune menyatakan aliran uang sponsorship perusahaan yang mengalir di NASCAR melebihi ajang balapan lainnya seperti Formula Satu atau MotoGP meskipun sejak Serangan 11 September 2001 yang berdampak langsung pada perekonomian di Amerika Serikat, beberapa perusahaan mulai mengurangi kegiatan sponsor mereka di ajang olahraga.[7]

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Liga dalam NASCAR

[sunting] Sprint Cup Series

Logo NASCAR Seri Piala Sprint.
Seri Piala Sprint NASCAR merupakan divisi tertinggi dalam balapan NASCAR. Pertama kali digelar tahun 1949 dengan nama Strictly Stock Series. Era tahun 1950-1970 balapan ini kemudian dikenal dengan nama Grand National Series. Sejak memiliki sponsor dari perusahaan tobako R. J. Reynolds Tobacco Company, seri ini kemudian dikenal dengan nama Winston Cup Series sampai akhir musim 2003. Sejak 2004 sampai 2007 balapan ini berganti sponsor menjadi Nextel Cup Series, dan dengan adanya merger antara Nextel dengan perusahaan telekomunikasi Sprint, maka sejak musim 2008 balapan ini dikenal dengan nama Sprint Cup Series sampai saat ini.
Pembalap yang paling sering juara di seri Sprint Cup adalah Richard Petty dan Dale Earnhardt Senior dengan raihan 7 kali gelar juara umum.

[sunting] Nationwide Series

Seri Nationwide merupakan divisi dua dari seri balap NASCAR (kira-kira sama seperti F3000 yang merupakan divisi dua sebelum jenjang F1). Pertama kali diadakan tahun 1982, dan biasanya digelar di sirkuit-sirkuit kelas dua yang tidak menggelar balapan Sprint Cup. Balapan Nationwide juga biasanya digelar sehari sebelum balapan utama Sprint Cup.

[sunting] Camping World Truck Series

Seri Camping World Truck merupakan seri balap NASCAR khusus untuk mobil-mobil berbentuk pick-0up, dan pertama digelar di
Read More ->>

Ryan Hunter-Reay

Ryan Hunter-Reay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ryan Hunter-Reay
Ryan Hunter-Reay 2010 Indy 500 OWAS.JPG
Hunter-Reay in May 2010.
Kebangsaan American
Lahir 17 Desember 1980 (umur 32)
Dallas, Texas
IndyCar Series 2013
Musim debut 2007
Tim saat ini Andretti Autosport
Mobil no. 28
Tim sebelumnya A. J. Foyt Enterprises
Vision Racing
Rahal Letterman Racing
Start 89
Menang 7
Pole position 1
Lap tercepat 5
Hasil terbaik Juara pada 2012
Seri sebelumnya
2003–2005
2002
2000–2001
CART/Champ Car World Series
Toyota Atlantic Championship
Barber Dodge Pro Series
Penghargaan
1999
2002
2007
2008
Skip Barber Big Scholarship
WorldCom Rising Star Award
IndyCar Rookie of the Year
Indianapolis 500 Rookie of the Year
Ryan Hunter-Reay (lahir di Dallas, Texas, AS, 17 Desember 1980; umur 32 tahun) merupakan seorang pembalap mobil profesional Amerika Serikat yang saat ini membalap di ajang IndyCar Series.
Hunter-Reay dikenal sebagai salah satu pembalap Amerika yang sukses memenangi lomba-lomba kejuaraan balap mobil roda terbuka AS, diantaranya CART[1], ChampCar World Series dan IndyCar Series[2], yang jika digabungkan kemenangannya melebihi semua pembalap AS yang berlaga dalam ketiga ajang tersebut.[3]
Hunter-Reay memenangi gelar IndyCar Series Rookie of the Year pada tahun 2007 meskipun ia hanya turun enam balapan saja di musim tersebut. Ia lantas meraih penghargaan Indianapolis 500 Rookie of the Year pada tahun 2008.
Pada tahun 2010, Hunter-Reay menandatangani kontrak satu musim dengan tim Andretti Autosport yang mana pada bulan Oktober di tahun yang sama, tim memperpanjang kontraknya selama dua musim. Pada bulan September 2012, tim Andretti kembali memperpanjang kontrak Hunter-Reay selama dua musim setelah melihat penampilannya yang sangat menawan selama musim IndyCar 2012 berlangsung.
Pada lomba terakhir IndyCar musim 2012 yang berlangsung di Auto Club Speedway, California, Ryan Hunter-Reay akhirnya merengkuh gelar juara usai finis di posisi keempat, sementara saingannya Will Power harus puas finis di posisi ke-24 usai terlibat insiden di awal lomba. Dengan hasil ini Hunter-Reay menjadi pembalap AS pertama sejak Sam Hornish, Jr. yang merengkuh gelar juara IndyCar.

[sunting] Referensi

  1. ^ The Lexmark Indy 300 in Surfers Paradise Australia in 2003
  2. ^ The Camping World Grand Prix at Watkins Glen International
  3. ^ Andretti, Marco / Andretti, John / Bell, Townsend / Carpenter, Ed / Fisher, Sarah / Hamilton, Davey / Hildebrand, J.R. / Hunter-Reay, Ryan / Kimball, Charlie / Patrick, Danica / Rahal, Graham / Yasauka, Roger

[sunting] Pranala luar

Read More ->>

Panther Racing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mobil Panther Racing tahun 2006
Panther Racing adalah sebuah tim balap dari Amerika Serikat. Tim ini adalah salah satu tim tertua yang masih terus beroperasi di IndyCar Series yang merupakan bagian dari Indy Racing League.
Empat tahun berturut-turut (2008-2011), tim selalu finish kedua di Indianapolis 500. Dalam Indy 2011 500 pembalap rookie JR Hildebrand memimpin ketika ia jatuh pada giliran akhir putaran final. Ia meluncur melintasi garis finish ke tempat kedua.

[sunting] Pembalap yang bergabung

Read More ->>

Valentino Rossi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Valentino Rossi
Valentino Rossi 2010 Qatar.jpg
Rossi saat di Qatar 2010
Kebangsaan Italian
Lahir 16 Februari 1979 (umur 34)
Urbino, Italia
Tim saat ini Yamaha
No. motor 46
Situs web valentinorossi.com
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif 2000–saat ini
Pabrikan Honda (20002003)
Yamaha (20042010)
Ducati (2011–saat ini)
Juara dunia 7 (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009)
Klasemen 2011 7th (139 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
198 79 139 49 66 3456
Kejuaraan dunia kelas 250cc
Tahun aktif 19981999
Pabrikan Aprilia
Juara dunia 1 (1999)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
30 14 21 5 11 510
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 19961997
Pabrikan Aprilia
Juara dunia 1 (1997)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
30 12 15 5 9 432
Valentino Rossi (lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 34 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di duunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP.
Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada 1996 untuk Aprilia di antara 125 cc kategori dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan 250cc Kejuaraan Dunia pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan melanjutkan kemenangan beruntunnya dengan memenangkan kejuaraan dunia 2004 dan 2005, setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, sebelum merebut kembali gelar pada 2008 dan mempertahankannya pada tahun 2009.
Rossi adalah yang pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500 cc / MotoGP, dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 105 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122). Rossi, bersama Jimmie Johnson (NASCAR), Michael Schumacher (F1) dan Sebastien Loeb (WRC), juga banyak disebut orang sebagai salah satu legenda olahraga otomotif di awal Abad 21.

Lahir untuk balap

Rossi memang dilahirkan untuk menjadi pembalap, Ia tumbuh dilingkungan yang sangat mendukung kariernya. Ayahnya, Graziano Rossi adalah seorang pembalap besar dimasa ’70-an. Otomatis ia besar dilingkungan yang kental atmosfer balap. Ketika anak-anak seusianya asyik dengan mainannya, Rossi bermain dengan motor balap sungguhan di tengah paddock pembalap ternama Luca Cadalora ataupun Loris Reggiani.

Entertainer

Saat pertama bergabung di GP 500cc bersama tim bekas Doohan, yang dikepalai oleh seorang mekanik handal Australia bernama Jerremy Burgess, suasana paddock sangat terpengaruh perangai Doohan yang temperamental. Semua mekanik dan staff tim tampak serius dan cenderung penuh tekanan. Suasana ini buat Rossi sungguh tak masuk akal, menurutnya ia tak bisa membayangkan membalap tanpa merasa fun, kemudian waktu ia mulai menang, ia bertekad untuk merayakan besar-besaran, menurutnya ia cuma ingin melakukan sesuatu yang baru, menunjukkan emosi memenangkan balap.
Sejak saat itulah, pesta kemenangan jadi ciri khasnya. Tak hanya bersama teman, juga ribuan pendukungnya yang memadati sirkuit. Dengan aksi-aksinya, Rossi bagaikan magnet yang menarik orang untuk menonton GP. Para pecinta GP tentu masih ingat akan aksinya memboncengkan fansnya yang berkostum ayam berkeliling sirkuit, aksinya memboncengkan fans yang berpakaian dokter, ia juga pernah membonceng angka satu raksasa sebagai simbol juara dunia, juga aksi wheelie dan burnout nya yang sudah tak terhitung setiap memperoleh kemenangan. Ia juga kerap memberikan kneepad atau topi nya kepada fansnya dengan melemparnya saat berada di podium. “Valentino itu petarung hebat. Tetapi ia juga tahu kalau kita berada di tengah bisnis hiburan. Jadi ia juga suka menghibur,” kata Burgess.

Julukan Rossi

Dalam perjalanan balapnya rossi, kerap berganti julukan dan melakukan hal-hal yang menarik perhatian dan menghibur. Ia beralasan bahwa semuanya itu dilakukan dimulai dengan niat bersenang-senang dan melakukan sesuatu yang lucu.
Rossifumi Julukan Rossi yang diciptakan oleh temannya saat Rossi membalap di kelas 125cc julukan ini tercipta karena Rossi kagum dengan pembalap Jepang yang khas dengan rambut panjangnya, Norick Abe yang saat itu berumur 17 tahun dan dengan gigih bertarung dengan Michael Doohan dan Kevin Scwantz dikelas 500cc, karena nama asli pembalap Jepang itu Norifumi Abe maka Rossi dijuluki Rossifumi.Tahun 2004 Rossi dan Abe sama-sama membela Yamaha berada dalam beda tim namun satu grafis,yaitu dominasi warna biru.Rossi berada di tim Gauloises Fortuna Yamaha Team sedangkan Abe bernaung di Fortuna Gauloises Tech 3 Yamaha Team.
Valentinik Julukan ini berasal dari tokoh kartun Daffy Duck yang menjadi superhero yang di Italia bernama Paperinik. Julukan ini dipakainya pada saat membalap di kelas 250cc.
The Doctor Setelah naik ke kelas 500cc pada musim 2000 Rossi menjuluki dirinya dengan The Doctor karena membalap di kelas 500cc butuh keseriusan dan ia merasa dirinya bukan anak kecil lagi, selain itu ia juga menyukai ide sebagi illmuwan gila dan melakukan eksperimen gila, ia menganggap pantas memakai julukan itu setelah mendapatkan prestasi sebagai juara dunia.”Di balap 500cc kita tidak butuh superhero. Yang kita perlukan cuma tenang, kalem, dan pemikir seperti dokter,”ucapnya. Disamping itu, nama Valentino di Italia kebanyakan digunakan oleh para dokter. Ia juga mulai mengurangi perayaan kemenangan yang dianggapnya sudah tak pantas ia lakukan. “Cukup dengan melambai seperti pembalap lain, lalu malamnya pesta habis-habisan bareng sahabat-sahabat saya.”

Pindah ke Yamaha

Pada akhir musim 2003 menjelang musim 2004 Valentino Rossi membuat keputusan yang mengejutkan. Ia memutuskan hijrah dari tim yang dibelanya waktu itu yaitu tim pabrikan Honda, Repsol Honda HRC yang telah mengantarkan dirinya meraih juara dunia 2002 dan 2003 serta membawa Doohan merebut juara dunia 1994, 1995, 1996, 1997, 1998 juga Alex Criville menjadi juara dunia 1999. Rossi memutuskan meninggalkan tim super tersebut dan memilih bergabung bersama tim Yamaha, yang terakhir meraih juara dunia pada tahun 1992 melalui pembalap Wayne Rainey. Rossi tidak pindah ke tim Yamaha sendirian, ia juga membawa Jerremy Burgess, kepala mekaniknya yang dahulu juga menangani Doohan dan Criville. Mereka melakukan serangkaian tes membenahi teknologi motor Yamaha YZR-M1 milik Rossi agar mampu menandingi motor terkuat di MotoGP saat itu, RC211V milik Honda.
Mengenai kepindahannya ini, banyak yang tak mengira dan pesimis ia akan mampu mempertahankan gelar juaranya. Salah satu pernyataan pesimis datang dari Max Biaggi, musuh bebuyutannya mengatakan, “Aku tak menyangka ia pindah ke Yamaha, tapi bagaimanapun juga akan sulit mengalahkan Honda. Bahkan Rossi sendiri kurang optimis ia mampu mempertahankan juara dunianya. “Kami membutuhkan waktu untuk tampil kompetitif, untuk menang pada musim pertama bersama Yamaha jelas sangat sulit”. Tapi ia mementahkan semua pandangan pesimis tersebut. Bahkan pada seri pertama musim 2004 di GP Welkom, Afrika Selatan ia mengalahkan Max Biaggi yang mengendari motor Honda, meskipun dengan perlawanan yang sangat ketat, dengan motor Yamaha, yang terakhir naik podium tahun 1992. Bahkan pada tahun 2004 dan 2005 Rossi menjadi juara dunia bersama Yamaha dan menjadi pembalap Yamaha pertama yang paling banyak juara dalam satu musim (Rossi juara 9 kali pada musim 2005).

Kehidupan Pribadi

Hobi

Rossi mencoba untuk menjaga kehidupan pribadinya dari mata publik sebanyak mungkin, meskipun ia tidak membuat rahasia tentang kesukaannya pada klub sepak bola Italia Inter Milan. Rossi sering menonton langsung pertandingan Inter Milan dengan duduk bersama para pemain cadangan mereka. Rossi dikenal berteman dekat dengan pemain Inter Milan Marco Materazzi dan Balotelli, Bahkan sesaat setelah memenangi Grandprix Jerman 2006 Rossi merayakan dengan memakai kaos sepak bola Italia bernomor 23 milik Materazzi. Setelah Rossi memenangkan gelar Dunia yang kesembilan pada bulan Oktober 2009, Inter Milan mengucapkan selamat kepada Rossi pada website resmi mereka. Rossi juga seorang kidal.

Hewan Peliharaan

Anjing peliharaan Rossi yang terkenal bernama Guido, bulldog Inggris yang telah sejak tahun 2000 dimilikinya. Setelah Rossi sering berkeliling dunia Guido tidak bisa tinggal di London dan tinggal bersama ibu Rossi di Tavullia. Rossi hanya bisa melihat anjing saat mengunjungi Ibunya. Guido yang gambarnya telah menjadi maskot pada jok motor dan helm Rossi, meninggal setelah GP Australia 2008, dan untuk memberi penghargaan, Rossi merancang stiker khusus bergambar Guido dengan sepasang sayap malaikat surgawi sedang mengambang di awan. Guido telah beberapa kali tampil lain pada motor Rossi. Ketika tertinggal 32 poin di kejuaraan tahun 2006, Guido berpakaian dengan setelan Inuit. Guido juga mengenakan baju tahanan selama tes pra musim.
Kematian Guido telah menarik begitu banyak perhatian seperti yang disebutkan di koran olahraga Italia yang paling bergengsi Gazzetta dello Sport. Sang Anjing bahkan membintangi Quarantasei, sebuah novel grafis yang dihasilkan oleh Milo Manara berisi fiksi tentang petualangan Valentino Rossi dan akhirnya meraih kejayaan dalam balap motor.
Sejak kematian Guido, Rossi kini memiliki dua anjing baru (satu jantan dan satu betina), anjing baru tersebut diberi nama Cesare dan Cecilia. Selama GP Misano tahun 2009, tepa njing itu mengenakan telinga keled

Statistik karier

Musim Balapan

Musim Kelas Motor Tim Balap Mng Pod Pole FLap Poin Pos JDu
1996 125cc Aprilia RS125 Scuderia AGV Aprilia 15 1 2 1 2 111 9th 0
1997 Aprilia RS125 Nastro Azzurro Aprilia 15 11 13 4 7 321 1st 1
1998 250cc Aprilia RS250 Nastro Azzurro Aprilia 14 5 9 0 3 201 2nd 0
1999 Aprilia RS250 Aprilia Grand Prix Racing 16 9 12 5 8 309 1st 1
2000 500cc Honda NSR500 Nastro Azzurro Honda 16 2 10 0 5 209 2nd 0
2001 Honda NSR500 Nastro Azzurro Honda 16 11 13 4 10 325 1st 1
2002 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda 16 11 15 7 9 355 1st 1
2003 Honda RC211V Repsol Honda 16 9 16 9 12 357 1st 1
2004 Yamaha YZR-M1 Gauloises Fortuna Yamaha 16 9 11 5 3 304 1st 1
2005 Yamaha YZR-M1 Gauloises Yamaha 17 11 16 5 6 367 1st 1
2006 Yamaha YZR-M1 Camel Yamaha 17 5 10 5 4 247 2nd 0
2007 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 18 4 8 4 3 241 3rd 0
2008 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 18 9 16 2 5 373 1st 1
2009 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 17 6 14 7 6 306 1st 1
2010 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 14 2 10 1 2 233 3rd 0
2011 Ducati Desmosedici GP11 Ducati Corse 17 0 1 0 1 139 7th 0
Total 258 105 175 59 86 4398
9

Kelas

Kelas Musim 1st GP 1st Pod 1st Win Balap Menang Podium Pole FLap Poin Juara Dunia
125 cc 1996-1997 1996 Malaysia 1996 Austria 1996 Rep Ceko. 30 12 15 5 9 432 1
250 cc 1998-1999 1998 Jepang 1998 Spanyol 1998 Belanda 30 14 21 5 11 510 1
500 cc 2000-2001 2000 Afsel. 2000 Spanyol 2000 Inggris 32 13 23 4 15 534 1
MotoGP 2002-Sekarang 2002 Jepang 2002 Jepang 2002 Jepang 135 64 105 44 48 2550 6
Total 1996-saat ini 258 105 175 59 86 4398 9

Tahun

Read More ->>
Diberdayakan oleh Blogger.

jam

jam