Minggu, 03 Maret 2013

Karier awal


Balapan junior

Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat tahun,ketika ia mendapat sepeda motor pertama nya, Italjet 50.Sepeda balap pertamanya adalah replika sepeda mini Kawasaki,yang ia punya di usia enam tahun dan digunakan untuk balapan dengan teman-temannya.Pedrosa berlomba dibalapan yang sesungguhnya pada usia 9 tahun, ketika ia memasuki Kejuaraan sepeda motor mini Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di tempat kedua, mencetak podium pertama di balapan kedua musim itu. Tahun berikutnya, Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama, tapi masalah kesehatan menghambat dia untuk terus berkompetisi dan dia mengakhiri musim di posisi ke 3.

125cc

Pada tahun 2001,Pedrosa membuat debutnya di kejuaraan dunia kelas 125cc setelah terpilih dari Movistar Activa Cup, serangkaian rancangan untuk mempromosikan bakat balap segar di Spanyol, kembali pada tahun 1999. Di bawah bimbingan Alberto Puig, Pedrosa mencetak dua kali naik podium di musim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya, dan selesai di posisi ketiga dalam kejuaraan. Pada tahun 2003, ia memenangkan lima balapan dan memenangkan kejuaraan dengan dua putaran tersisa, mengumpulkan 223 poin.Pedrosa mencetak lima kemenangan dan enam podium. Seminggu setelah memenangkan kejuaraan,pada usia delapan belas tahun Pedrosa mematahkan kedua pergelangan kakinya dalam kecelakaan selama latihan di Phillip Island (Australia)

250cc

Setelah memenangkan kejuaraan 125cc, Pedrosa pindah ke kelas 250cc pada tahun 2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan kakinya masih dalam proses penyembuhan selama musim-off. Menghadapi musim dengan persiapan kurang, Pedrosa memenangkan lomba pertama di Afrika Selatan untuk merebut gelar Kejuaraan Dunia 250cc, termasuk satu penghargaan rookie tahun. Dalam musim pertamanya di kelas 250cc, Pedrosa mencetak 7 kemenangan dan 13 podium. Pedrosa memutuskan untuk tinggal selama satu musim lebih banyak di kelas 250cc, dan dia memenangkan gelar lain, sekali lagi dengan dua balapan tersisa di kejuaraan. Pada tahun 2005, Pedrosa memenangkan 8 balapan dan mencetak 14 finish podium, meskipun dia menderita cedera bahu dalam sesi latihan di Grand Prix Jepang.

MotoGP

Pedrosa Repsol Honda RC211V saat di GP Australia 2006.
2006
Pedrosa memutuskan pindah ke kelas utama MotoGP di musim balap 2006,bergabung dengan Repsol Honda. Kritik kepada Pedrosa bahwa tubuh mungilnya tidak akan cukup kuat untuk menunggangi sepeda yang besar dan berat di kelas utama MotoGP. Pedrosa ingin menunjukkan bahwa kritik yang ditujukan kepadanya salah, dibuktikan dari prestasinya yang menempati posisi kedua di seri pembuka di Sirkuit Jerez pada tanggal 26 Maret 2006. Pada penampilan keempat MotoGPnya pada 14 Mei 2006, ia memenangkan seri MotoGP pertamanya di sirkuit shanghai, Cina. Kemenangan ini membuatnya menjadi pemenang termuda ke-2 bersama Norick Abe di Kelas Premier setalah Freddie Spencer.[1] Ia memenangkan balapan MotoGP keduanya di Donington Park dan menjadi kandidat kuat untuk Kejuaraan MotoGP. Itu adalah kemenangan mengesankan bagi Dani, yang berbagi podium pertama dengan Valentino Rossi di tempat 2. Dia juga mengambil dua posisi pole di paruh pertama musim. Sampai Grand Prix Malaysia di Sepang, Pedrosa berada di posisi 2 di Kejuaraan hanya di belakang rekan setimnya-nya lebih berpengalaman Nicky Hayden. Ia mengalami kecelakaan saat Free Practice dan menderita luka parah pada lutut, yang praktis membuat dia tersingkir. Pedrosa berada pada posisi start kelima pada grid di lomba yang karena pembatalan sesi kualifikasi karena hujan deras. Dia secara ajaib berhasil selesai di posisi ke-3 dalam lomba itu, hanya di belakang Rossi dan Ducati yang dikendarai Loris Capirossi.
Namun, di balapan berikutnya,dia mengalami kecelakaan yang membuatnya turun ke peringkat 5 di klasemen sementara MotoGP.kecelakaan selanjutnya terjadi di Estoril. Setelah awal yang menjanjikan, Pada lap 5, ia dan Hayden terlibat dalam kecelakaan. Pedrosa membuat kesalahan sambil mencoba untuk menyalip Hayden, meluncur dan jatuh keluar dari perlombaan bersama Hayden. Kecelakaan ini membuatnya memiliki kemungkinan tipis untuk memenangkan kejuaraan dan Hayden juga menyebabkan kehilangan keunggulannya dalam klasemen kejuaraan, setelah Rossi berhasil selesai di posisi 2. Namun, dua minggu kemudian, Hayden bangkit untuk memenangkan kejuaraan sementara Pedrosa berhasil finish di posisi ke-4. Hasil ini membuatnya berada di tempat ke-5 di klasemen akhir di musim debutnya, memenangkan gelar sebagai Rookie of the Year dalam kategori MotoGP, mengalahkan rookie rekan dan saingannya di kelas 250 cc Casey Stoner. Pada tes (pasca musim 2006) tiga hari tahun 2006 di Jerez Spanyol, Pedrosa menempatkan 800 cc RC212V di bagian atas timesheets (di kualifikasi ban) selisih dengan Valentino Rossi 0,214 detik. Rossi menjadi yang tercepat untuk dua hari pertama tes. Pedrosa mencatatkan waktu 1 menit 39,910 detik di sirkuit jerez.
2007–2008
Pedrosa selama tes pra musim pada tahun 2007.
Pedrosa kembali membalap untuk Honda di tshun 2007 dengan motor baru 800cc Honda RC212V. Mesin RC212V memiliki masalah,[2] tetapi dia mampu finis di posisi 2 klasemen akhir dibelakang Casey Stoner dan didepan Valentino Rossi. Pedrosa menandatangani kontrak berdurasi 2 tahun dengan Repsol Honda untuk tahun 2008 dan 2009.[3]
Pada tahun 2008,masalah dengan RC212V beranjut ketika dia cedera di pra musim dan melewatkan tes pengembangan motor,namun dia memulai musim dengan baik dengan mencetak podium di seri pertama.[4] Pedrosa terjatuh ketika dia memimpin perlombaan di GP Jerman dan hal itu menyebabkan ia cedera, mengharuskan dia untuk melewatkan dua seri berikutnya. Peforma ban Michelin di MotoGP memburuk, membuat Pedrosa beralih menggunakan ban Bridgestone di seri Indianapolis.[5][6] Dia finis di posisi 3 klasemen akhir MotoGP 2008.
2009–2010
Seperti tahun 2008, Pedrosa terjatuh tes pra musim dan mencederai dirinya, melewatkannya untuk mengetes mesin sebelum memulai musim. dia finis diposisi 11 di seri pembuka, dan kebugarannya mulai pulih pada seri selanjutnya .[7] Pada seri kelima dia cedera kembali ketika sesi latihan dan kembali jatuh pada balapan, hal ini membuatnya tertinggal 33 poin dari pemimpin.[8] Pada 2010, Pedrosa kembali ke nomor 26, nomor yang dipakainya pertama kali saat masuk ajang MotoGP, meninggalkan nomor 2 di 2008 dan nomor 3 di 2009. Dia mengambil keputusan ini decision untuk fansnya yang memintanya kembali ke nomor yang selalu dia pakai.[9] Pedrosa memenangkan empat balapan pada tahun 2010 dan finis di posisi kedua dibelakang Jorge Lorenzo.
2011
Pedrosa ketika di GP Portugal 2011, dimana dia meraih kemenangan petamanya dimusim 2011.
Pedrosa adalah salah satu dari 3 pembalap tim Repsol Honda di tahun 2011, bermitra dengan Andrea Dovizioso dan Casey Stoner.[10] Pedrosa meraih posisi podium tiga seri pembuka di musim 2011, dan puncaknya meraih kemenangan di GP Portugal 2011.[11] Pada lap 18 dari balapan GP Perancis 2011, Pedrosa terlibat kecelakaan dengan pembalap tim San Carlo Honda Gresini Marco Simoncelli ketika bertarung untuk memperebutkan posisi kedua; Simoncelli melewati Pedrosa dari sisi luar di tikungan Chemin aux Boeufs, tetapi bagian belakang motornya mengenai bagian depan motor Pedrosa dan sebagai hasilnya, Pedrosa terjatuh ke tanah.[12] Simoncelli terkena ride-through penalty, kecelakaan meninggalkan Pedrosa dengan patahnya tulang selangkanya,[13] yang mana memaksanya untuk beristirahat hingga GP Italia 2011, pada saat itu dia finis di urutan kedelapan.
Pedrosa meraih kemenangan keduanya di GP Jerman 2011, setelah memanfaatkan kesalahan Lorenzo di sembilan lap tersisa.[14] Dia finis ketiga di GP Amerika Serikat 2011 di akhir pekan , sebelum ia menggapai posisi pole pertamanya di musim itu pada GP Ceko 2011.[15] Di GP Ceko 2011,dia terjatuh tetapi dia finis kedua untuk 3 seri selanjutnya, sebelum ia meraih kemenangan ketiganya pada GP Jepang 2011 di musim itu.[16] [17] Dovizioso finis didepan Pedrosa di kedua seri GP Australia 2011 dan GP Valencia 2011.Dia akhirnya finis di posisi keempat klasemen akhir dibelakang Dovizioso.
2012
Pedrosa tetap bersama Repsol Honda di tahun 2012, kembali bermitra dengan Casey Stoner.[18] Pedrosa finis sembilan dari sepuluh balapan di podium,dengan hasil terbaik memenangkan GP Jerman 2012, sekaligus menjadi kemenangannya yang ketiga secara beruntun di seri tersebut.
Pedrosa dan Stoner telah menjauh dari pembalap lain dan berada di posisi satu-dua,sebelum stoner terjatuh di lap terakhir.[19] Pada GP Italia 2012, pedrosa telah menandatangani perjanjian kontrak berdurasi dua tahun dengan Repsol Honda untuk tahun 2013 dan 2014, dan akan bermitra dengan juara dunia Moto2 Marc Márquez.[20][21]

Statistik Karir

Berdasarkan Musim Balapan

Musim Kelas Motor Tim Balapan Mng Pod Pole FLap Poin Klsmn JDu
2001 125cc Honda RS125 Telefonica Movistar Honda 16 0 2 0 0 100 8th
2002 125cc Honda RS125 Telefonica Movistar Honda 16 3 9 6 2 243 3rd
2003 125cc Honda RS125 Telefonica Movistar Honda 14 5 6 3 3 223 1st 1
2004 250cc Honda RSW250 Telefonica Movistar Honda 16 7 13 4 8 317 1st 1
2005 250cc Honda RSW250 Telefonica Movistar Honda 16 8 11 5 7 309 1st 1
2006 MotoGP Honda RC211V Honda-HRC 17 2 8 4 4 215 5th
2007 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 18 2 8 5 3 242 2nd
2008 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 17 2 11 2 2 249 3rd
2009 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 17 2 11 2 5 234 3rd
2010 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 15 4 9 4 8 245 2nd
2011 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 14 3 9 2 4 219 4th
2012 MotoGP Honda RC213V Honda-HRC 18 7 15 5 9 332 2nd
Total


194 45 112 42 55 2928
3

Berdasarkan Kelas

Kelas Musim 1st GP 1st Pod 1st Win Race Win Podiums Pole FLap Pts Juara Dunia
125 cc 2001–2003 2001 Japan 2001 Valencia 2002 Netherlands 46 8 17 9 5 566 1
250 cc 2004–2005 2004 South Africa 2004 South Africa 2004 South Africa 32 15 24 9 15 626 2
MotoGP 2006–Sekarang 2006 Spain 2006 Spain 2006 China 116 22 71 24 35 1736 0
Total 2001–Saat ini


194 45 112 42 55 2928 3

Balapan Berdasarkan Tahun

(key) (Balapan dengan cetak tebal menunjukkan pole position; balapan dengan cetak miring menunjukkan fastest lap)
Tahun Kelas Motor 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Pos Pts
2001 125 cc Honda JPN
18
RSA
13
SPA
10
FRA
17
ITA
23
CAT
7
NED
Ret
GBR
12
GER
11
CZE
8
POR
5
VAL
3
PAC
3
AUS
7
MAL
4
BRA
Ret


8th 100
2002 125 cc Honda JPN
8
RSA
3
SPA
4
FRA
3
ITA
4
CAT
2
NED
1
GBR
2
GER
7
CZE
2
POR
10
BRA
Ret
PAC
1
MAL
3
AUS
5
VAL
1


3rd 243
2003 125 cc Honda JPN
8
RSA
1
SPA
4
FRA
1
ITA
2
CAT
1
NED
8
GBR
Ret
GER
4
CZE
1
POR
4
BRA
4
PAC
6
MAL
1
AUS VAL

1st 223
2004 250 cc Honda RSA
1
SPA
Ret
FRA
1
ITA
2
CAT
2
NED
2
BRA
2
GER
1
GBR
1
CZE
3
POR
4
JPN
1
QAT
2
MAL
1
AUS
4
VAL
1


1st 317
2005 250 cc Honda SPA
1
POR
4
CHN
6
FRA
1
ITA
1
CAT
1
NED
2
GBR
4
GER
1
CZE
1
JPN
2
MAL
Ret
QAT
4
AUS
1
TUR
2
VAL
1


1st 309
2006 MotoGP Honda SPA
2
QAT
6
TUR
14
CHN
1
FRA
3
ITA
4
CAT
Ret
NED
3
GBR
1
GER
4
USA
2
CZE
3
MAL
3
AUS
15
JPN
7
POR
Ret
VAL
4

5th 215
2007 MotoGP Honda QAT
3
SPA
2
TUR
Ret
CHN
4
FRA
4
ITA
2
CAT
3
GBR
8
NED
4
GER
1
USA
5
CZE
4
RSM
Ret
POR
2
JPN
Ret
AUS
4
MAL
3
VAL
1
2nd 242
2008 MotoGP Honda QAT
3
SPA
1
POR
2
CHN
2
FRA
4
ITA
3
CAT
1
GBR
3
NED
2
GER
Ret
USA CZE
15
RSM
4
IND
8
JPN
3
AUS
Ret
MAL
2
VAL
2
3rd 249
2009 MotoGP Honda QAT
11
JPN
3
SPA
2
FRA
3
ITA
Ret
CAT
6
NED
Ret
USA
1
GER
3
GBR
9
CZE
2
IND
10
RSM
3
POR
3
AUS
3
MAL
2
VAL
1

3rd 234
2010 MotoGP Honda QAT
7
SPA
2
FRA
5
ITA
1
GBR
8
NED
2
CAT
2
GER
1
USA
Ret
CZE
2
IND
1
RSM
1
ARA
2
JPN
DNS
MAL AUS
DNS
POR
8
VAL
7
2nd 245
2011 MotoGP Honda QAT
3
SPA
2
POR
1
FRA
Ret
CAT GBR NED ITA
8
GER
1
USA
3
CZE
Ret
IND
2
RSM
2
ARA
2
JPN
1
AUS
4
MAL
C
VAL
5
4th 219
2012 MotoGP Honda QAT
2
SPA
3
POR
3
FRA
4
CAT
2
GBR
3
NED
2
GER
1
ITA
2
USA
3
IND
1
CZE
1
RSM
Ret
ARA
1
JPN
1
MAL
1
AUS
Ret
VAL
1
2nd 332

Referensi

  1. ^ "Dani Pedrosa ", (motogp.com). Diakses pada 15 April 2008.
  2. ^ Freeman, Glenn, "Honda admit mistakes with 800cc bike ", (Autosport.com), 10 Mei 2007. Diakses pada 27 Mei 2009.
  3. ^ Moody, Toby, "Pedrosa confirmed until 2009 ", Autosport, 21 September 2007.
  4. ^ Noyes, Dennis, "Looking Back on Jerez ", (SpeedTV.com), 1 April 2008. Diakses pada 27 Mei 2009.
  5. ^ Noyes, Dennis, "Michelin’s Last Stand (Part I) ", (SpeedTV.com), 26 Agustus 2008. Diakses pada 27 Mei 2009.
  6. ^ "Pedrosa switches to Bridgestone ", (BBC Sport), 31 Agustus 2008. Diakses pada 27 Mei 2009.
  7. ^ "Pedrosa top scorer since Motegi ", (Crash.net), 27 Mei 2009. Diakses pada 27 Mei 2009.
  8. ^ "Scans confirm Pedrosa hip injury ", (Crash.net), 1 Juni 2009. Diakses pada 1 Juni 2009.
  9. ^ "Dani Pedrosa (Honda) lucirá el '26' "para llegar a lo más alto" ", Europapress, (Agencia Europa Press), 13 Maret 2010. Diakses pada 21 Maret 2010.
  10. ^ Birt, Matthew, "Dani Pedrosa close to new Honda deal ", Motor Cycle News, (Bauer Media Group), 20 Agustus 2010. Diakses pada 25 Desember 2011. Kutipan: Pedrosa will partner Aussie Casey Stoner on a factory Honda RC212V machine next season for his sixth season with the Japanese factory..
  11. ^ "Pedrosa picks his moment for Estoril win ", Crash.net, (Crash Media Group), 1 Mei 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  12. ^ Clifford, Peter, "Superb Stoner wins in Le Mans ", Red Bull, (Red Bull GmbH), 15 Mei 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  13. ^ "Pedrosa furious over 'unfair' incident ", Yahoo! Eurosport, (TF1 Group), 15 Mei 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  14. ^ Rostance, Tom, "Dani Pedrosa seals Sachsenring victory ", BBC Sport, (BBC), 17 Juli 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  15. ^ "Dani Pedrosa secures maiden pole of 2011 for Czech MotoGP at Brno ", The Guardian, (Guardian Media Group), 13 Agustus 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  16. ^ "Pedrosa takes maiden victory at Motegi, Stoner third and Dovizioso fifth ", MotoGP.com, (Dorna Sports), 2 Oktober 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  17. ^ Rostance, Tom, "Dani Pedrosa claims dramatic MotoGP win in Japan ", BBC Sport, (BBC), 2 Oktober 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
  18. ^ "Dovizioso denied 1000cc Honda test ", crash.net, (Crash Media Group), 9 Agustus 2011. Diakses pada 8 Juli 2012. Kutipan: During its official preview for this weekend's Czech Republic Grand Prix, Honda stated that Pedrosa and Stoner – who already have a contract in place for 2012 – will be the only riders on the new bike at Brno..
  19. ^ Rostance, Tom, "Dani Pedrosa wins as Casey Stoner crashes out ", BBC Sport, (BBC), 8 Juli 2012. Diakses pada 8 Juli 2012.
  20. ^ "Dani Pedrosa and Marc Márquez to race together in Repsol Honda Team ", MotoGP.com, (Dorna Sports), 12 Juli 2012. Diakses pada 15 Juli 2012.
  21. ^ "Marc Marquez to join Dani Pedrosa at Repsol Honda ", BBC Sport, (BBC), 12 Juli 2012. Diakses pada 15 Juli 2012.
Read More ->>

Daniel Pedrosa

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa.jpg
Dani Pedrosa, konferensi pers pasca kualifikasi (Oktober 2007).
Kebangsaan Spanish
Lahir 29 September 1985 (umur 27)
Sabadell, Spain
Tim saat ini Repsol Honda Team
No. motor 26
Situs web danipedrosa.com
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif 2006–sekarang
Pabrikan Honda
Juara dunia 0
Klasemen 2012 2 (332 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
116 22 71 24 35 1736
Kejuaraan dunia kelas 250cc
Tahun aktif 20042005
Pabrikan Honda
Juara dunia 2 (2004, 2005)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
32 15 24 9 15 626
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 20012003
Pabrikan Honda
Juara dunia 1 (2003)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
46 8 17 9 5 566
Daniel "Dani" Pedrosa Ramal (lahir di Sabadell, Spanyol, 29 September 1985; umur 27 tahun) adalah salah seorang pembalap MotoGP. Ia mulai debut balap grandprix motor pada tahun 2001 di kelas GP 125 cc bersama tim Telefonica movistar Honda JR, dan meraih posisi ke 8 klasemen akhir. Tahun 2002 ia membalap di tim yang sama dan meraih juara 3 dunia GP 125 cc. Di musim balap 2003 bersama tim Telefonica movistar Honda JR, ia merebut juara dunia GP 125cc dengan poin 223. Pada tahun 2004 ia pindah ke kelas 250 cc dan bergabung dengan tim telefonica movistar Honda 250, dan langsung merebut juara dunia GP 250cc. Tahun 2005 ia kembali mendominasi balapan dan mempertahankan gelar juara dunia GP 250 cc. Di musim balap 2006 ia naik ke kelas MotoGP dan membalap untuk tim Repsol Honda, bersama pembalap Amerika Nicky Hayden sampai musim 2008 dan Andrea Dovizioso pada musim 2009. Dan tahun 2012, ia akan bersama Casey Stoner di tim.
Read More ->>

Di luar MotoGP

Casey Stoner dan Randy Mamola pada tahun 2005.
Casey Stoner mengungkapkan bahwa usai dirinya pensiun sebagai pembalap MotoGP, dirinya berkeinginan untuk turun di ajang balapan mobil.[49] Salah satu ajang balapan mobil yang ia ingin coba adalah Australian V8 Supercar Series, yang merupakan kejuaraan balapan turing Australia. Stoner sendiri rupanya sering menguji coba mobil-mobil berteknologi tinggi, diantaranya adalah ketika ia mengetes mobil Alfa Romeo 8C Competizione pada tahun 2008, usai ia menjadi juara dunia MotoGP. Alfa Romeo sendiri saat itu tercatat sebagai salah satu sponsor dari tim Ducati. Stoner sendiri termasuk salah satu yang beruntung karena ia bisa mendapatkan mobil tersebut secara cuma-cuma sebagai hadiah atas prestasinya menjadi juara dunia 2007.[49]
Pertengahan 2008, saat ia "membimbing" Michael Schumacher dalam tes Ducati Desmosedici, Stoner juga mengisyaratkan bahwa ia ingin menjajal mobil Formula 1. Walaupun begitu, Stoner berujar bahwa ia tidak akan pernah hijrah ke F1 dari MotoGP.[49]
Ayah Stoner, yaitu Colin, mengungkapkan bahwa dirinya akan sangat senang bila usai pensiun sebagai pembalap MotoGP, putranya kembali pulang ke Australia dan memulai karir baru sebagai wirausahawan di bidang peternakan dan pertanian. Stoner kemudian membenarkan perkataan ayahnya ini, dan ia punya keinginan kuat untuk melakoni pekerjaan tersebut. Stoner juga bercita-cita ingin membuka sekolah balapan di negara asalnya, yaitu Australia, dalam rangka mengajak pemuda dan pemudi Australia untuk turun menjajal ajang balapan internasional.[49]

Statistik

Musim ke musim

Musim Kelas Motor Tim Balap Menang Podium Pole FLap Poin Posisi Juara
2001 125cc Honda RS125R
2 0 0 0 0 4 ke-29
2002 250cc Aprilia RS250 Team LCR 15 0 0 0 0 68 ke-12
2003 125cc Aprilia RS125 Team LCR 14 1 4 1 2 125 ke-8
2004 125cc KTM 125 FPR Red Bull KTM 14 1 6 1 1 145 ke-5
2005 250cc Aprilia RSA 250 Team LCR 16 5 10 2 1 254 ke-2
2006 MotoGP Honda RC211V Team LCR 16 0 1 1 0 119 ke-8
2007 MotoGP Ducati GP7 Ducati Corse 18 10 14 5 6 367 ke-1 1
2008 MotoGP Ducati GP8 Ducati Corse 18 6 11 9 9 280 ke-2
2009 MotoGP Ducati GP9 Ducati Corse 13 4 8 3 2 220 ke-4
2010 MotoGP Ducati GP10 Ducati Corse 18 3 9 4 3 225 ke-4
2011 MotoGP Honda RC212V Repsol Honda 17 10 16 12 7 350 ke-1 1
2012 MotoGP Honda RC213V Repsol Honda 15 5 10 5 2 254 ke-3
Total


176 45 89 43 33 2411
2

Kelas ke kelas

Kelas Musim Balapan ke-1 Podium ke-1 Menang ke-1 Balapan Menang Podium Pole FLap Poin Juara
125 cc 2001, 2003–2004 Inggris 2001 Jerman 2003 Valencia 2003 30 2 10 2 3 274 0
250 cc 2002, 2005 Jepang 2002 Portugal 2005 Portugal 2005 31 5 10 2 1 322 0
MotoGP 2006–2012 Spanyol 2006 Turki 2006 Qatar 2007 115 38 69 39 29 1815 2
Total 2001–2012


176 45 89 43 33 2411 2

Referensi

  1. ^ "Cedera, Lorenzo Absen di MotoGP Australia‎ ", (VIVANews), 16 Oktober 2011. Diakses pada 16 Oktober 2011.
  2. ^ "Sempurna! Stoner Juara Dunia‎ ", (KOMPAS), 16 Oktober 2011. Diakses pada 16 Oktober 2011.
  3. ^ a b c Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 17
  4. ^ a b c d e f http://www.caseystoner.com.au/bio.php
  5. ^ Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 2
  6. ^ a b c Motorcycle-USA Staff. Casey Stoner Bio. Motorcycle-USA.com. Retrieved on 2009-06-17.
  7. ^ Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 124
  8. ^ Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 133
  9. ^ Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 126
  10. ^ Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 127
  11. ^ "Stoner to be a father, softens Motegi stance ", crash.net, (Crash Media Group), 11 Agustus 2011. Diakses pada 14 Agustus 2011.
  12. ^ Black, Jacob, "Baby on the way for Stoner ", Fox Sports, (Premier Media Group), 12 Agustus 2011. Diakses pada 14 Agustus 2011.
  13. ^ "Stoner becomes a father ", 16 Februari 2012.
  14. ^ a b c Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 166-167
  15. ^ Broadbent, Rick, "Seething Casey Stoner uses his critics as fuel to kick-start title defence ", The Times, (News Corporation), 26 Februari 2008. Diakses pada 13 April 2010.
  16. ^ "Stoner slams British GP fans ", crash.net, (Crash Media Group), 23 Juni 2008. Diakses pada 13 April 2010.
  17. ^ O'Leary, Cathy, "Marlboro man Stoner under fire ", The Sydney Morning Herald, (Fairfax Media), 23 Juni 2008. Diakses pada 13 April 2010.
  18. ^ Black, Jacob, "FIM report on nuclear exposure in Motegi says nuclear risk is minimal despite threats of a MotoGP boycott ", Fox Sports, (Premier Media Group), 27 Juli 2011. Diakses pada 27 Juli 2011.
  19. ^ PACIFIC GRAND PRIX - 125cc Race Classification 2003, motogp.com
  20. ^ Stoner finally gets debut GP win after Valencia scorcher, motogp.com
  21. ^ McKay, Peter. "Road to top opening up for Stoner ", (The Sydney Morning Herald), 18 Oktober 2005. Diakses pada 15 Oktober 2007.
  22. ^ http://www.crash.net/motogp/news/76945/1/stoner_moves_up_confirmed_at_lcr.html Stoner moves up, confirmed at LCR], Crash Media Group
  23. ^ Stoner confirmed by LCR Team, motogp.com
  24. ^ GRAND PRIX OF TURKEY - MotoGP Race Classification 2006, motogp.com
  25. ^ Grant, Robert. "Stoner switches to Ducati ", (Herald Sun), 17 Oktober 2006. Diakses pada 15 Oktober 2007.
  26. ^ Valentino Rossi's hairpin bender leaves Casey Stoner clear for a third MotoGP win
  27. ^ Q & A with Casey Stoner
  28. ^ Steve Parrish on Casey Stoner
  29. ^ Sublime Stoner beats Rossi to Donington glory
  30. ^ Casey Stoner makes case for MotoGP title
  31. ^ Sachsenring MotoGP: Casey Stoner fastest after massive crash
  32. ^ Motorcycling: Stoner takes fourth consecutive pole at Germa GP
  33. ^ Madson, Bart. MotoGP 2008 Laguna Seca Results. Motorcycle-USA.com. Retrieved on 2009-06-17.
  34. ^ Madson, Bart. MotoGP 2008 Brno Results. Motorcycle-USA.com. Retrieved on 2009-06-17.
  35. ^ Madson, Bart. MotoGP 2008 Misano Results. Motorcycle-USA.com. Retrieved on 2009-06-17.
  36. ^ Madson, Bart. MotoGP 2008 Valencia Results. Motorcycle-USA.com. Retrieved on 2009-06-17.
  37. ^ Harley, Bryan. Hayden Turns First Laps on Ducati GP09. Motorcycle-USA.com. Retrieved on 2009-06-17.
  38. ^ Khan, Alam, "Title tilt ahead for Stoner after illness battle ", The National, (Mubadala Development Company), 12 Januari 2010. Diakses pada 13 April 2010.
  39. ^ "Stoner mystery illness diagnosed". BBC Sport. 15 Juli 2009. Diakses pada 15 Juli 2009.
  40. ^ "Stoner to miss next three rounds". Insidebikes. 10 Agustus 2009. Diakses pada 10 Agustus 2009.
  41. ^ http://moto.gpupdate.net/en/news/2009/08/10/stoner-out-for-three-races-as-kallio-steps-in/
  42. ^ "Stoner apologises for Qatar crash ", crash.net, (Crash Media Group), 12 April 2010. Diakses pada 13 April 2010.
  43. ^ "'Slower riders' causing Stoner falls? ", crash.net, (Crash Media Group), 24 Mei 2010. Diakses pada 26 Mei 2010.
  44. ^ "Stoner mystified by arm pump ", autosport.com, (Haymarket Publications), 26 Juni 2010. Diakses pada 26 Juni 2010.
  45. ^ "Casey Stoner in Honda – Official ", Two Wheels Blog, (Blogo), 9 Juli 2010. Diakses pada 9 Juli 2010.
  46. ^ Tes Honda, Stoner Merasa Nyaman, OkeZone. Diakses pada 22 Januari 2011.
  47. ^ Rostance, Tom, "Casey Stoner seals MotoGP title with win in Australia ", BBC Sport, (BBC), 16 Oktober 2011. Diakses pada 16 Oktober 2011.
  48. ^ "News-packed press conference starts Le Mans weekend ", MotoGP.com, (Dorna Sports), 17 Mei 2012. Diakses pada 18 Mei 2012.
  49. ^ a b c d Casey Stoner Biography oleh Tom Bapallaz - Penerbit: B-First Mizan; halaman 168-170
Read More ->>

Karier awal

Balapan junior

Stoner menjajal balapan pertamanya pada usia empat tahun dalam sebuah balapan tanah kelas U9 (di bawah usia 9 tahun) di trek balap Mike Hatcher yang terletak di Gold Coast, Australia. Dari usia sembilan tahun sampai 14 tahun, Stoner berhasil memenangi 41 lomba lokal dan 70 lomba antar negara bagian Australia.[6]
Stoner juga sempat mengikuti balapan super-sibuk selama lebih dari satu pekan, ketika ia mengikuti lima kelas balapan berbeda dalam sebuah perlombaan yang memperlombakan 35 balapan. Stoner sendiri berpartisipasi dalam 32 dari 35 balapan dalam lima kelas yang berbeda, dan ia kemudian mampu memenangi lima kelas tersebut.[4]
Dikarenakan usia minimal untuk menjadi pembalap di Australia adalah 16 tahun, Stoner kemudian pindah ke Inggris, dimana disana usia minimal untuk mendapatkan SIM balapan adalah 14 tahun.[6] Dari tahun 2000 sampai 2002, Stoner kemudian berpartisipasi dalam kejuaraan nasional balap motor 125cc di Inggris dan Spanyol. Stoner kemudian berhasil memenangi gelar juara Kejuaraan Balap Motor Aprilia Inggris tahun 2000. Penampilannya yang impresif kemudian menarik hati pembalap sekaligus manajer tim Lucio Cecchinello, yang kemudian memberikan kesempatan Stoner turun di balapan GP Inggris 2001 sebagai wild card, sebelum akhirnya pada 2002, Stoner turun penuh di MotoGP kelas 250cc bersama LCR Racing.

125cc dan 250cc

Casey Stoner bersama tim Red Bull KTM di musim 2004.
Tahun 2003, masih dengan LCR Racing, Stoner kemudian turun di kelas 125cc. Dengan didukung motor Aprilia, Stoner berhasil mencatat empat kali finish podium, tiga diantaranya adalah raihan posisi kedua di Jerman, Brasil, dan Pasifik[19] serta satu kemenangan yang ia berhasil raih di Valencia di akhir musim. Dengan hasil ini, Stoner kemudian berhasil duduk di P8 klasemen dengan nilai 125 poin.[4][20]
Musim 2004, Stoner berpisah dengan LCR Racing dan bergabung dengan tim Red Bull KTM. Di musim ini ia hanya mampu satu kali memenangi balapan yaitu di Malaysia. Namun ia masih bisa terhibur dengan dua kali finish kedua dan tiga kali finish ketiga. Posisi klasemen Stoner di musim 2004 adalah P5 dengan 145 poin.[4]
Tahun 2005, Stoner kembali ke kelas 250cc dan kembali bermitra bersama Team LCR Racing dan pabrikan Aprilia. Menunggangi motor dengan spesifikasi pabrikan, Stoner tampil sebagai penantang utama Daniel Pedrosa dan Honda, dan bahkan sempat pula Stoner memiliki beberapa kesempatan untuk menjadi pemimpin klasemen. Stoner sendiri berhasil menang di Portugal, China, Malaysia, dan Qatar. Apesnya, saat balapan di depan publik rumahnya sendiri yaitu GP Australia, Stoner mengalami kecelakaan, dan terpaksa harus melupakan mimpinya menjadi juara dunia 250cc tahun 2005 sekalipun sekali lagi Stoner mampu memenangi lomba di Turki. Stoner kemudian berhasil finish sebagai runner-up klasemen 250cc tahun 2005 dengan nilai 254 poin.[4]

Karier MotoGP

LCR Honda (2006)

Casey Stoner bersama Team LCR-Honda di GP Ceko 2006.
Musim gugur 2005, Stoner dikabarkan telah mengantungi kontrak resmi dengan Yamaha untuk menjadi pendamping Valentino Rossi di musim 2006.[21] Tetapi kemudian Yamaha membatalkan jalinan kerjasama tersebut, dan sempat membuat Casey Stoner kecewa. Pada Januari 2006 Stoner kemudian mencoba kembali mengajak Lucio Checchinello agar mau menjadi pendukungnya untuk turun balapan di kelas MotoGP 2006. Checchinello kemudian setuju, dan ia langsung mengontak HRC dan mengajukan proporsal penyewaan satu unit motor Honda RC211V untuk musim 2006. Honda lantas setuju, dan jadilah kerjasama Stoner dan Checchinello berlanjut di musim 2006 di kelas MotoGP.[22][23]
Debut Stoner di kelas MotoGP dimulai di seri Spanyol di Jerez, dimana ia finish di P6. Pada balapan berikutnya di Qatar, Stoner langsung mengebrak dengan meraih pole position, namun saat lomba ia hanya mampu finish P5. Stoner lantas melanjutkan penampilannya yang cemerlang dengan nyaris saja menang di Turki sebelum melakukan kesalahan fatal di lap terakhir yang menyebabkan ia gagal memenangi lomba dan harus puas di P2 dibelakang Marco Melandri.[24] Di pertengahan musim, Stoner kemudian tampil labil dan banyak melakukan kesalahan yang berujung pada kecelakaan. Meskipun begitu, ia tampil cukup baik di musim 2006 dengan finish di P8 klasemen dengan 119 poin.

Ducati Marlboro (2007-2010)

Casey Stoner di GP Malaysia 2007.
Kesalahan fatal yang dilakukan Honda di akhir 2006 dengan tidak mengikat kontrak jangka panjang dengan Stoner berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ducati, yang akhirnya berhasil mengontrak Stoner untuk musim 2007.,[25] Di musim 2007 sendiri Stoner bergabung bersama Loris Capirossi di tim asal Italia tersebut. Stoner menggantikan posisi Sete Gibernau yang dipecat karena dinilai penampilannya kurang meyakinkan dan cenderung menurun.
Dengan senjata baru Ducati Desmosedici GP7 yang didesain sesuai regulasi baru MotoGP 800cc, Stoner tampil luar biasa pada tahun 2007. Stoner mengawali musim dengan kemenangan spektakuler di Qatar yang kemudian ia lanjutkan di Turki dan China.[26] Ia lantas berhasil memenangi 10 lomba (diantaranya hattrick di AS, Ceko, dan San Marino) dan meraih 6 pole, yang kemudian mengantarnya pada gelar juara dunia MotoGP 2007 dengan selisih 125 poin atas peringkat kedua Daniel Pedrosa.[27] Posisi finish paling jelek yang diraih Stoner adalah di GP Motegi, ketika ia finish P6 dan memastikan diri sebagai juara dunia 2007.[28]
Musim 2008, Stoner berusaha keras untuk mempertahankan gelar juara dunianya. Kemenangan pembuka musim ia raih di Qatar. Ia kemudian tampil biasa saja di Spanyol dan Portugal, dan baru kembali naik podium di GP China. Setelah tampil buruk di Perancis, ia kemudian naik podium di Italia dan Catalunya, sebelum kemudian mencatat kemenangan hattrick di Inggris (dengan memimpin sejak start sampai finish)[29], Belanda (sama dengan di Inggris)[30], dan Jerman (terbantu kecelakaan yang dialami Pedrosa).[31][32] Dengan hasil ini Stoner berhasil naik kembali ke P1 klasemen, tetapi kemudian turun kembali posisinya usai jatuh di Laguna Seca saat memimpin lomba sebelum akhirnya bangkit kembali dan finish kedua.[33] Selanjutnya di Brno dan Misano, Stoner gagal finish akibat kerusakan motor yang berakhir pada kegagalannya mempertahankan gelar juara dunia.[34][35] Stoner kemudian harus puas tampil sebagai runner-up dibelakang Valentino Rossi dengan total raihan poin klasemen sebanyak 280 poin.[36]
Musim 2009, Stoner masih bertahan di Ducati dan kini ia ditemani pembalap baru yang juga mantan juara dunia, Nicky Hayden. Stoner juga setuju untuk memperpanjang kontraknya selama satu tahun bersama Ducati di 2010.[37] Melalui sebuah pertarungan ketat di Qatar melawan duet Fiat Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, Stoner berhasil memenangi balapan pembuka musim di Qatar, sebelum kemudian ia menderita sebuah penyakit aneh yang menyebabkannya kelelahan setiap kali berlomba. Sebagai akibatnya, ia harus puas berada di P3 klasemen saat balapan memasuki GP AS di Laguna Seca. Hasil pemeriksaan dokter kemudian menyimpulkan Stoner menderita penyakit anemia akut dan gangguan perut.[38][39] Sebagai usaha pemulihan dirinya, Stoner kemudian mengumumkan bahwa untuk tiga balapan yaitu di ronde 11, 12, dan 13 ia akan absen dari balapan[40], dan pembalap Finlandia, Mika Kallio diangkat sebagai pengganti sementara.[41] Usai sembuh total dari sakitnya, Stoner kembali berlomba di Portugal dan langsung mencatat podium kedua. Kemudian di Australia dan Malaysia, Stoner berhasil kembali ke jalur kemenangan. Kesialan kemudian kembali datang kepada Stoner di balapan penutup di Valencia. Usai meraih pole di kualifikasi, Stoner tampil percaya diri untuk balapan sebelum ia terjatuh karena kesalahan sendiri di lap pemanasan. Stoner finish di urutan empat klasemen 2009 dengan 220 poin.
Casey Stoner dalam konferensi pers GP Australia 2010.
Dalam sesi tes pra musim 2010, Casey Stoner kembali mencatat waktu tercepat dalam salah satu sesi dari enam kali sesi latihan yang digelar, dimana lima lainnya didominasi oleh Valentino Rossi. Kemudian di balapan pembuka musim 2010 di Qatar, sekali lagi Stoner mencatatkan pole position dan sempat memimpin lomba sebelum akhirnya kandas di pertengahan lomba akibat terlalu bernafsu.[42] Setelah kembali kandas akibat kesalahan serupa di Perancis[43], Stoner berhasil bangkit dan finish keempat di GP Italia. Kemudian di GP Belanda di Assen, Stoner mencatat podium pertamanya di musim 2010 setelah finish ketiga.[44] Dua kali finish ketiga lainnya ia dapatkan di Catalunya dan Jerman sebelum naik menjadi P2 di AS setelah terbantu kecelakaan Daniel Pedrosa. Kemenangan pertama Stoner di musim 2010 dicatat di Motorrad Aragon setelah mencatat pole position saat kualifikasi. Kemenangan serupa ia lanjutkan di Jepang, dan nyaris saja Stoner mencetak hattrick di Malaysia sebelum kandas akibat terjatuh saat memimpin. Kemudian di balapan kandangnya sendiri di Australia, Stoner kembali berjaya dengan memenangi lomba sebelum kembali terjatuh dan tersingkir di Portugal. Stoner kemudian menutup musim 2010 dengan posisi kedua di Valencia, dan ia memantapkan posisinya di klasemen dengan raihan 225 poin.

Repsol Honda (2011–2012)

Casey Stoner pada tahun 2011.
Rumor kembalinya Stoner ke Honda sudah bergaung sejak awal musim 2010, tetapi baik Stoner maupun Repsol Honda membantah gosip tersebut. Honda bahkan sempat bilang kalau mereka lebih puas dengan penampilan tim yang ada saat itu yaitu duet Daniel Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Pada bulan Juni 2010, kabar kepindahan Stoner ke Honda akhirnya menjadi kenyataan usai Honda menyetujui kontrak multi tahunan bersama pembalap Australia tersebut.[45] Posisi Stoner di Ducati akan digantikan oleh pembalap legendaris Valentino Rossi, sementara di Honda sendiri Stoner akan ditemani Pedrosa dan Dovizioso.
Pada sesi tes musim dingin bersama Honda, Stoner langsung menggebrak dengan meraih posisi kedua tercepat.[46] Dalam debut resminya bersama Repsol Honda di seri balapan Qatar, Stoner langsung menggebrak dengan meraih kemenangan perdananya. Sayang di seri berikutnya di Spanyol ia kandas akibat kesalahan manuver Valentino Rossi. Usai finis ketiga di Portugal, Stoner kembali menang di Perancis dan Catalunya. Kemenangan lainnya kemudian berhasil ia dapatkan di Silverstone di tengah guyuran hujan badai. Ia mencatat kemenangan hattrick lainnya di AS, Republik Ceko, dan Indianapolis. Jorge Lorenzo kemudian menghentikan rangkaian kemenangan Stoner di Misano. Usai kembali menang di Aragon dan meraih P3 di Motegi, Stoner akhirnya memastikan gelar juara dunia musim 2011 lewat kemenangan di balapan kandangnya di Australia dan disaat bersamaan saingan utamanya di klasemen Jorge Lorenzo gagal berlomba akibat cedera pada tangannya.[47]
Stoner melanjutkan dominasinya di MotoGP musim 2012 dengan memenangi lomba di Jerez dan Estoril yang merupakan sirkuit yang belum pernah ia menangi sebelumnya.

Pensiun dari MotoGP

Sebuah keputusan mengejutkan diumumkan Stoner di GP Perancis 2012 bahwa ia akan pensiun pada akhir musim 2012. Stoner berujar bahwa ia sudah tidak bersemangat lagi membalap di ajang MotoGP dan ingin lebih fokus pada keluarganya.[48]
Read More ->>

Casey Stoner

Casey Stoner - 2011 MotoGP World Champion.jpg


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Casey Stoner

Casey Stoner di GP Australia 2011
Kebangsaan  Australia
Lahir 16 Oktober 1985 (umur 27)
Kurri Kurri, New South Wales, Australia
Tim saat ini Repsol Honda Team
No. motor 1
Situs web caseystoner.com.au
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif 20062012
Pabrikan Honda, Ducati
Juara dunia 2 (2007, 2011)
Klasemen 2012 3 (254 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
115 38 69 39 29 1815
Kejuaraan dunia kelas 250cc
Tahun aktif 2002, 2005
Pabrikan Aprilia
Juara dunia 0
Klasemen 2005 2 (254 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
31 5 10 2 1 322
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 2001, 20032004
Pabrikan Honda, Aprilia, KTM
Juara dunia 0
Klasemen 2004 5 (145 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
30 2 10 2 3 274
Casey Stoner (lahir di Kurri Kurri, New South Wales, Australia, 16 Oktober 1985; umur 27 tahun) adalah seorang pembalap MotoGP dari Australia. Saat ini, ia bergabung bersama tim Repsol Honda bersama Daniel Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Ia memulai debut balap motor sebagai pembalap wild card di Sirkuit Donington Park, pada GP Inggris kelas 125cc pada tahun 2001. Setelah beberapa tahun berkarier pada kelas 125cc dan 250cc, Stoner kemudian masuk ke kelas MotoGP pada tahun 2006 bersama tim LCR Honda.
Pada musim 2007 saat ia bergabung bersama Ducati Marlboro Stoner tampil sebagai juara dunia untuk pertama kalinya. Atas prestasinya tersebut, pada musim 2008, Stoner dianugerahi gelar Young Australian of the Year oleh pemerintah Australia. Gelar keduanya kemudian ia raih di musim 2011 lewat kemenangan apik di balapan rumahnya sendiri di Australia dan saingan utamanya Jorge Lorenzo gagal berlomba akibat cedera tangan.[1][2]

Pribadi

Casey Stoner merupakan anak kedua dari pasangan Colin Stoner (seorang tukang cat keliling yang sering menjadi pembalap motor amatir) dan Bronwyn.[3] Casey mempunyai seorang kakak perempuan bernama Kelly Stoner yang juga hobi dan sering turun dalam ajang balapan motor amatir setempat. Sejak masih kecil, Stoner sudah mengenal sepeda motor sekalipun hanya dalam sebatas menyentuh atau bergaya layaknya seorang pembalap. Sepeda motor pertamanya ia jajal pada usia 4 tahun setelah diajarkan oleh kakaknya.[3][4]
Pada tahun 1993, keluarga Stoner kemudian pindah dari Southport menuju ke Kurri Kurri di New South Wales dalam upayanya mendukung upaya dan semangat Stoner kecil dalam mengikuti balapan.[4] Casey Stoner juga sempat bersekolah sampai usianya 12 tahun sebelum kemudian keluar dan lebih memilih untuk home schooling pada tahun 1997.[5] Pada 1999, setelah melihat peluang besar bagi Stoner untuk berkarir sebagai pembalap, keluarga ini memutuskan untuk pindah ke Inggris.[6] Di sana mereka sempat dilanda kebingungan karena tidak memiliki uang untuk membayar biaya sewa dan pajak apartemen dan terpaksa tinggal dalam sebuah karavan.
Saat ini Casey Stoner tinggal di Monte Carlo, Monako, dimana keluarganya masih sering pulang pergi Australia-Inggris-Monako. Stoner sendiri sempat menyebutkan bahwa hanya dalam satu kali setahun ia bisa pulang ke tanah kelahiran di Australia, yaitu saat berlangsungnya balapan MotoGP Australia.[3]

Keluarga dan teman

Adriana Tuchyna dan Casey Stoner pada GP Valencia 2009.
Casey Stoner pertama kali bertemu dengan Adriana Tuchyna yang berasal dari Adelaide pada balapan MotoGP Australia 2003.[7] Saat itu Stoner memberikan tanda tangannya di perut Adriana, setelah perempuan Australia ini "sedikit" memaksa Stoner agar mau menandatangani perutnya.[8] Hubungan antara Stoner dan Adriana dimulai pada tahun 2005 saat Adriana berusia 16 tahun.[9] Kemudian pada tahun 2007, pasangan ini sepakat untuk menikah. Perihal pernikahannya ini, Stoner sempat berujar bahwa:
Saya lebih memilih tradisi sebagai masyarakat kuno, sebab seperti Anda ketahui saat ini pemuda dan pemudi Australia terkenal akan kebiasaan hidupnya yang bebas. Saya masih ingin mempertahankan tradisi masa lampau Australia, dan karena itulah tidak ada jalan lain bagi saya selain meminang Adriana secara baik-baik daripada melakukan hal-hal yang kurang terpuji.[10]
Pada GP Ceko 2011, diumumkan bahwa istri Stoner yaitu Adriana tengah hamil.[11][12] Adriana kemudian melahirkan bayinya pada tanggal 16 Februari 2012 dan diberi nama Alessandra Maria.[13]
Di luar balapan, Casey Stoner termasuk orang yang ramah dan memiliki banyak teman. Salah satu teman dekat Stoner adalah Kimi Raikkonen.[14] Mereka pertama kali bertemu dalam acara ski tahunan keluarga Ferrari dan Ducati di awal 2007. Kimi berujar bahwa Stoner memiliki kemampuan yang bagus dan bisa menjadi juara dunia jika waktunya tepat. Dalam pertemuan kedua mereka pada tahun 2008, di saat Kimi dan Stoner resmi menyandang gelar juara dunia, kedua pembalap ini sama sekali tidak pernah menyangka, angan-angan mereka saat bergabung bersama tim baru yang masih asing kultur budayanya ternyata berbuah manis, yaitu gelar juara dunia.[14]
Dua teman lain Stoner adalah Fernando Alonso dan Michael Schumacher. Alonso dan Stoner bertemu pada acara ski tahunan serupa di awal 2010, dan saat itu Stoner sukses merepotkan Alonso dalam sebuah balapan mobil diatas es. Usai lomba, Alonso menilai bahwa Stoner walaupun terbilang awam dengan dunia balapan roda empat, tapi ia mampu dengan cepat menyesuaikan diri dan bisa menyaingi para seniornya yang lebih berpengalaman dengan balapan roda empat. Sementara itu, awal mula pertemuan dan persahabatan Stoner dengan Schumi dimulai di pertengahan 2008 saat Schumi mengetes motor Ducati Desmosedici milik Stoner. Saat itu, Schumi juga tidak malu-malu untuk bertanya karakteristik motor Ducati-nya kepada Stoner, dan Stoner dengan ramah membantu Schumi selama pengetesan berlangsung.[14]

Kritik dan kontroversi

Stoner dikenal sebagai pembalap yang mudah kecewa jika dirinya mengalami kekalahan atau terkena kritik dari orang lain. Pada tahun 2007, dirinya sempat terkena kritik pedas dari komunitas MotoGP setelah berhasil mendominasi di setengah musim pertama. Fans MotoGP melihat kesuksesan Stoner saat itu berdasar dari penampilan motor dan bannya yang bagus ketimbang bakat Stoner sendiri.[15] Kemudian di dua kali balapan GP Inggris yaitu di 2007 dan 2008, Stoner sempat dimusuhi oleh fans dengan diteriaki riuh saat ia muncul dari garasi.[16]
Pada tahun 2008 juga, Stoner sempat mendapatkan kritik pedas dari sebuah organisasi kesehatan di Australia seputar timnya yaitu Ducati yang lebih memilih bekerjasama dengan pabrikan rokok Philip Morris (Marlboro). Organisasi kesehatan tersebut menyebutkan, Stoner yang merupakan seorang atlet dan bukan perokok memilih langkah yang salah dengan bergabung bersama tim yang mempromosikan produk rokok dalam sebuah kompetisi olahraga.[17]
Di musim 2011, Casey Stoner sempat memboikot penyelenggaraan GP Jepang karena ia merasa sikuit Twin Ring Motegi belum sepenuhnya aman dari radiasi nuklir akibat bencana alam yang terjadi di Fukushima. Ia kemudian sempat dikritik oleh beberapa fans Jepang karena dianggap sombong dan melupakan statusnya sebagai pembalap untuk pabrikan Jepang.[18
Read More ->>

Yamaha Motor Racing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yamaha Motor Racing merupakan tim resmi pabrikan Yamaha di ajang MotoGP. Didirikan pada tahun 1999 dan bermarkas di Belanda, namun tahun 2002 direlokasi ke Italia. Walaupun baru berdiri sendiri sebagai tim pabrikan, namun tim Yamaha sudah lama mensupport banyak tim.
Awalnya prestasi tim ini kurang baik sejak era balap 2 tak diganti menjadi MotoGP yang saat itu berkapasitas 990cc. Hingga akhirnya Valentino Rossi datang pada tahun 2004 dan membawa perubahan. Pada tahun tersebut Yamaha langsung menginjak podium juara pertama bersama Rossi.
Rossi terus membawa kemenangan bagi Yamaha dengan menjadi juara dunia dari rentang tahun 2004 hingga 2009. Kecuali pada tahun 2006 sebagai runner up dan 2007 di posisi ke 3. Pada tahun 2010, giliran rekan setimnya Jorge Lorenzo yang merupakan hasil pembibitan Yamaha menjadi juara
Read More ->>
Diberdayakan oleh Blogger.

jam

jam