Balapan junior
Pedrosa mulai mengendarai sepeda di awal usia empat tahun,ketika ia mendapat sepeda motor pertama nya, Italjet 50.Sepeda balap pertamanya adalah replika sepeda mini Kawasaki,yang ia punya di usia enam tahun dan digunakan untuk balapan dengan teman-temannya.Pedrosa berlomba dibalapan yang sesungguhnya pada usia 9 tahun, ketika ia memasuki Kejuaraan sepeda motor mini Spanyol dan mengakhiri musim debutnya di tempat kedua, mencetak podium pertama di balapan kedua musim itu. Tahun berikutnya, Pedrosa memasuki kejuaraan yang sama, tapi masalah kesehatan menghambat dia untuk terus berkompetisi dan dia mengakhiri musim di posisi ke 3.125cc
Pada tahun 2001,Pedrosa membuat debutnya di kejuaraan dunia kelas 125cc setelah terpilih dari Movistar Activa Cup, serangkaian rancangan untuk mempromosikan bakat balap segar di Spanyol, kembali pada tahun 1999. Di bawah bimbingan Alberto Puig, Pedrosa mencetak dua kali naik podium di musim pertama dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya, dan selesai di posisi ketiga dalam kejuaraan. Pada tahun 2003, ia memenangkan lima balapan dan memenangkan kejuaraan dengan dua putaran tersisa, mengumpulkan 223 poin.Pedrosa mencetak lima kemenangan dan enam podium. Seminggu setelah memenangkan kejuaraan,pada usia delapan belas tahun Pedrosa mematahkan kedua pergelangan kakinya dalam kecelakaan selama latihan di Phillip Island (Australia)250cc
Setelah memenangkan kejuaraan 125cc, Pedrosa pindah ke kelas 250cc pada tahun 2004 tanpa proper test pada sepeda baru karena pergelangan kakinya masih dalam proses penyembuhan selama musim-off. Menghadapi musim dengan persiapan kurang, Pedrosa memenangkan lomba pertama di Afrika Selatan untuk merebut gelar Kejuaraan Dunia 250cc, termasuk satu penghargaan rookie tahun. Dalam musim pertamanya di kelas 250cc, Pedrosa mencetak 7 kemenangan dan 13 podium. Pedrosa memutuskan untuk tinggal selama satu musim lebih banyak di kelas 250cc, dan dia memenangkan gelar lain, sekali lagi dengan dua balapan tersisa di kejuaraan. Pada tahun 2005, Pedrosa memenangkan 8 balapan dan mencetak 14 finish podium, meskipun dia menderita cedera bahu dalam sesi latihan di Grand Prix Jepang.MotoGP
- 2006
Namun, di balapan berikutnya,dia mengalami kecelakaan yang membuatnya turun ke peringkat 5 di klasemen sementara MotoGP.kecelakaan selanjutnya terjadi di Estoril. Setelah awal yang menjanjikan, Pada lap 5, ia dan Hayden terlibat dalam kecelakaan. Pedrosa membuat kesalahan sambil mencoba untuk menyalip Hayden, meluncur dan jatuh keluar dari perlombaan bersama Hayden. Kecelakaan ini membuatnya memiliki kemungkinan tipis untuk memenangkan kejuaraan dan Hayden juga menyebabkan kehilangan keunggulannya dalam klasemen kejuaraan, setelah Rossi berhasil selesai di posisi 2. Namun, dua minggu kemudian, Hayden bangkit untuk memenangkan kejuaraan sementara Pedrosa berhasil finish di posisi ke-4. Hasil ini membuatnya berada di tempat ke-5 di klasemen akhir di musim debutnya, memenangkan gelar sebagai Rookie of the Year dalam kategori MotoGP, mengalahkan rookie rekan dan saingannya di kelas 250 cc Casey Stoner. Pada tes (pasca musim 2006) tiga hari tahun 2006 di Jerez Spanyol, Pedrosa menempatkan 800 cc RC212V di bagian atas timesheets (di kualifikasi ban) selisih dengan Valentino Rossi 0,214 detik. Rossi menjadi yang tercepat untuk dua hari pertama tes. Pedrosa mencatatkan waktu 1 menit 39,910 detik di sirkuit jerez.
- 2007–2008
Pada tahun 2008,masalah dengan RC212V beranjut ketika dia cedera di pra musim dan melewatkan tes pengembangan motor,namun dia memulai musim dengan baik dengan mencetak podium di seri pertama.[4] Pedrosa terjatuh ketika dia memimpin perlombaan di GP Jerman dan hal itu menyebabkan ia cedera, mengharuskan dia untuk melewatkan dua seri berikutnya. Peforma ban Michelin di MotoGP memburuk, membuat Pedrosa beralih menggunakan ban Bridgestone di seri Indianapolis.[5][6] Dia finis di posisi 3 klasemen akhir MotoGP 2008.
- 2009–2010
- 2011
Pedrosa meraih kemenangan keduanya di GP Jerman 2011, setelah memanfaatkan kesalahan Lorenzo di sembilan lap tersisa.[14] Dia finis ketiga di GP Amerika Serikat 2011 di akhir pekan , sebelum ia menggapai posisi pole pertamanya di musim itu pada GP Ceko 2011.[15] Di GP Ceko 2011,dia terjatuh tetapi dia finis kedua untuk 3 seri selanjutnya, sebelum ia meraih kemenangan ketiganya pada GP Jepang 2011 di musim itu.[16] [17] Dovizioso finis didepan Pedrosa di kedua seri GP Australia 2011 dan GP Valencia 2011.Dia akhirnya finis di posisi keempat klasemen akhir dibelakang Dovizioso.
- 2012
Pedrosa dan Stoner telah menjauh dari pembalap lain dan berada di posisi satu-dua,sebelum stoner terjatuh di lap terakhir.[19] Pada GP Italia 2012, pedrosa telah menandatangani perjanjian kontrak berdurasi dua tahun dengan Repsol Honda untuk tahun 2013 dan 2014, dan akan bermitra dengan juara dunia Moto2 Marc Márquez.[20][21]
Statistik Karir
Berdasarkan Musim Balapan
Musim | Kelas | Motor | Tim | Balapan | Mng | Pod | Pole | FLap | Poin | Klsmn | JDu |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2001 | 125cc | Honda RS125 | Telefonica Movistar Honda | 16 | 0 | 2 | 0 | 0 | 100 | 8th | – |
2002 | 125cc | Honda RS125 | Telefonica Movistar Honda | 16 | 3 | 9 | 6 | 2 | 243 | 3rd | – |
2003 | 125cc | Honda RS125 | Telefonica Movistar Honda | 14 | 5 | 6 | 3 | 3 | 223 | 1st | 1 |
2004 | 250cc | Honda RSW250 | Telefonica Movistar Honda | 16 | 7 | 13 | 4 | 8 | 317 | 1st | 1 |
2005 | 250cc | Honda RSW250 | Telefonica Movistar Honda | 16 | 8 | 11 | 5 | 7 | 309 | 1st | 1 |
2006 | MotoGP | Honda RC211V | Honda-HRC | 17 | 2 | 8 | 4 | 4 | 215 | 5th | – |
2007 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 18 | 2 | 8 | 5 | 3 | 242 | 2nd | – |
2008 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 17 | 2 | 11 | 2 | 2 | 249 | 3rd | – |
2009 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 17 | 2 | 11 | 2 | 5 | 234 | 3rd | – |
2010 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 15 | 4 | 9 | 4 | 8 | 245 | 2nd | – |
2011 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 14 | 3 | 9 | 2 | 4 | 219 | 4th | – |
2012 | MotoGP | Honda RC213V | Honda-HRC | 18 | 7 | 15 | 5 | 9 | 332 | 2nd | – |
Total | 194 | 45 | 112 | 42 | 55 | 2928 | 3 |
Berdasarkan Kelas
Kelas | Musim | 1st GP | 1st Pod | 1st Win | Race | Win | Podiums | Pole | FLap | Pts | Juara Dunia |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
125 cc | 2001–2003 | 2001 Japan | 2001 Valencia | 2002 Netherlands | 46 | 8 | 17 | 9 | 5 | 566 | 1 |
250 cc | 2004–2005 | 2004 South Africa | 2004 South Africa | 2004 South Africa | 32 | 15 | 24 | 9 | 15 | 626 | 2 |
MotoGP | 2006–Sekarang | 2006 Spain | 2006 Spain | 2006 China | 116 | 22 | 71 | 24 | 35 | 1736 | 0 |
Total | 2001–Saat ini | 194 | 45 | 112 | 42 | 55 | 2928 | 3 |
Balapan Berdasarkan Tahun
(key) (Balapan dengan cetak tebal menunjukkan pole position; balapan dengan cetak miring menunjukkan fastest lap)Tahun | Kelas | Motor | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | Pos | Pts |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2001 | 125 cc | Honda | JPN 18 |
RSA 13 |
SPA 10 |
FRA 17 |
ITA 23 |
CAT 7 |
NED Ret |
GBR 12 |
GER 11 |
CZE 8 |
POR 5 |
VAL 3 |
PAC 3 |
AUS 7 |
MAL 4 |
BRA Ret |
8th | 100 | ||
2002 | 125 cc | Honda | JPN 8 |
RSA 3 |
SPA 4 |
FRA 3 |
ITA 4 |
CAT 2 |
NED 1 |
GBR 2 |
GER 7 |
CZE 2 |
POR 10 |
BRA Ret |
PAC 1 |
MAL 3 |
AUS 5 |
VAL 1 |
3rd | 243 | ||
2003 | 125 cc | Honda | JPN 8 |
RSA 1 |
SPA 4 |
FRA 1 |
ITA 2 |
CAT 1 |
NED 8 |
GBR Ret |
GER 4 |
CZE 1 |
POR 4 |
BRA 4 |
PAC 6 |
MAL 1 |
AUS | VAL | 1st | 223 | ||
2004 | 250 cc | Honda | RSA 1 |
SPA Ret |
FRA 1 |
ITA 2 |
CAT 2 |
NED 2 |
BRA 2 |
GER 1 |
GBR 1 |
CZE 3 |
POR 4 |
JPN 1 |
QAT 2 |
MAL 1 |
AUS 4 |
VAL 1 |
1st | 317 | ||
2005 | 250 cc | Honda | SPA 1 |
POR 4 |
CHN 6 |
FRA 1 |
ITA 1 |
CAT 1 |
NED 2 |
GBR 4 |
GER 1 |
CZE 1 |
JPN 2 |
MAL Ret |
QAT 4 |
AUS 1 |
TUR 2 |
VAL 1 |
1st | 309 | ||
2006 | MotoGP | Honda | SPA 2 |
QAT 6 |
TUR 14 |
CHN 1 |
FRA 3 |
ITA 4 |
CAT Ret |
NED 3 |
GBR 1 |
GER 4 |
USA 2 |
CZE 3 |
MAL 3 |
AUS 15 |
JPN 7 |
POR Ret |
VAL 4 |
5th | 215 | |
2007 | MotoGP | Honda | QAT 3 |
SPA 2 |
TUR Ret |
CHN 4 |
FRA 4 |
ITA 2 |
CAT 3 |
GBR 8 |
NED 4 |
GER 1 |
USA 5 |
CZE 4 |
RSM Ret |
POR 2 |
JPN Ret |
AUS 4 |
MAL 3 |
VAL 1 |
2nd | 242 |
2008 | MotoGP | Honda | QAT 3 |
SPA 1 |
POR 2 |
CHN 2 |
FRA 4 |
ITA 3 |
CAT 1 |
GBR 3 |
NED 2 |
GER Ret |
USA | CZE 15 |
RSM 4 |
IND 8 |
JPN 3 |
AUS Ret |
MAL 2 |
VAL 2 |
3rd | 249 |
2009 | MotoGP | Honda | QAT 11 |
JPN 3 |
SPA 2 |
FRA 3 |
ITA Ret |
CAT 6 |
NED Ret |
USA 1 |
GER 3 |
GBR 9 |
CZE 2 |
IND 10 |
RSM 3 |
POR 3 |
AUS 3 |
MAL 2 |
VAL 1 |
3rd | 234 | |
2010 | MotoGP | Honda | QAT 7 |
SPA 2 |
FRA 5 |
ITA 1 |
GBR 8 |
NED 2 |
CAT 2 |
GER 1 |
USA Ret |
CZE 2 |
IND 1 |
RSM 1 |
ARA 2 |
JPN DNS |
MAL | AUS DNS |
POR 8 |
VAL 7 |
2nd | 245 |
2011 | MotoGP | Honda | QAT 3 |
SPA 2 |
POR 1 |
FRA Ret |
CAT | GBR | NED | ITA 8 |
GER 1 |
USA 3 |
CZE Ret |
IND 2 |
RSM 2 |
ARA 2 |
JPN 1 |
AUS 4 |
MAL C |
VAL 5 |
4th | 219 |
2012 | MotoGP | Honda | QAT 2 |
SPA 3 |
POR 3 |
FRA 4 |
CAT 2 |
GBR 3 |
NED 2 |
GER 1 |
ITA 2 |
USA 3 |
IND 1 |
CZE 1 |
RSM Ret |
ARA 1 |
JPN 1 |
MAL 1 |
AUS Ret |
VAL 1 |
2nd | 332 |
|
|
|
Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai Daniel Pedrosa |
Referensi
- ^ "Dani Pedrosa ", (motogp.com). Diakses pada 15 April 2008.
- ^ Freeman, Glenn, "Honda admit mistakes with 800cc bike ", (Autosport.com), 10 Mei 2007. Diakses pada 27 Mei 2009.
- ^ Moody, Toby, "Pedrosa confirmed until 2009 ", Autosport, 21 September 2007.
- ^ Noyes, Dennis, "Looking Back on Jerez ", (SpeedTV.com), 1 April 2008. Diakses pada 27 Mei 2009.
- ^ Noyes, Dennis, "Michelin’s Last Stand (Part I) ", (SpeedTV.com), 26 Agustus 2008. Diakses pada 27 Mei 2009.
- ^ "Pedrosa switches to Bridgestone ", (BBC Sport), 31 Agustus 2008. Diakses pada 27 Mei 2009.
- ^ "Pedrosa top scorer since Motegi ", (Crash.net), 27 Mei 2009. Diakses pada 27 Mei 2009.
- ^ "Scans confirm Pedrosa hip injury ", (Crash.net), 1 Juni 2009. Diakses pada 1 Juni 2009.
- ^ "Dani Pedrosa (Honda) lucirá el '26' "para llegar a lo más alto" ", Europapress, (Agencia Europa Press), 13 Maret 2010. Diakses pada 21 Maret 2010.
- ^ Birt, Matthew, "Dani Pedrosa close to new Honda deal ", Motor Cycle News, (Bauer Media Group), 20 Agustus 2010. Diakses pada 25 Desember 2011. Kutipan: Pedrosa will partner Aussie Casey Stoner on a factory Honda RC212V machine next season for his sixth season with the Japanese factory..
- ^ "Pedrosa picks his moment for Estoril win ", Crash.net, (Crash Media Group), 1 Mei 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ Clifford, Peter, "Superb Stoner wins in Le Mans ", Red Bull, (Red Bull GmbH), 15 Mei 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ "Pedrosa furious over 'unfair' incident ", Yahoo! Eurosport, (TF1 Group), 15 Mei 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ Rostance, Tom, "Dani Pedrosa seals Sachsenring victory ", BBC Sport, (BBC), 17 Juli 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ "Dani Pedrosa secures maiden pole of 2011 for Czech MotoGP at Brno ", The Guardian, (Guardian Media Group), 13 Agustus 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ "Pedrosa takes maiden victory at Motegi, Stoner third and Dovizioso fifth ", MotoGP.com, (Dorna Sports), 2 Oktober 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ Rostance, Tom, "Dani Pedrosa claims dramatic MotoGP win in Japan ", BBC Sport, (BBC), 2 Oktober 2011. Diakses pada 25 Desember 2011.
- ^ "Dovizioso denied 1000cc Honda test ", crash.net, (Crash Media Group), 9 Agustus 2011. Diakses pada 8 Juli 2012. Kutipan: During its official preview for this weekend's Czech Republic Grand Prix, Honda stated that Pedrosa and Stoner – who already have a contract in place for 2012 – will be the only riders on the new bike at Brno..
- ^ Rostance, Tom, "Dani Pedrosa wins as Casey Stoner crashes out ", BBC Sport, (BBC), 8 Juli 2012. Diakses pada 8 Juli 2012.
- ^ "Dani Pedrosa and Marc Márquez to race together in Repsol Honda Team ", MotoGP.com, (Dorna Sports), 12 Juli 2012. Diakses pada 15 Juli 2012.
- ^ "Marc Marquez to join Dani Pedrosa at Repsol Honda ", BBC Sport, (BBC), 12 Juli 2012. Diakses pada 15 Juli 2012.